3 Tips Ampuh Biar Milenial Punya Apartemen

Spirit of Millennials

Tahun 2020 nanti, generasi milenial bakal menguasai 50% dari industri tenaga kerja global lho. Otomatis hal ini mendorong juga tingkat kebutuhan propertinya. Tapi sayangnya kata riset Goldman Sachs, milenial tuh masih males beli properti. Selain karena urusan KPR yang rumit, milenial cenderung menggunakan penghasilannya buat konsumsi dan traveling.

Padahal, kalau ada niat yang kuat, milenial bisa banget punya properti seperti apartemen. Dengan berbagai fasilitasnya yang lengkap dan berada di kawasan strategis, apartemen memang jadi pilihan hunian pertama yang cocok untuk milenial. Kepoin 5 tips berikut ini biar kamu cepet bisa punya apartemen. 

Nyimpen 20% pemasukan
Pernah kepikiran nggak sih dulu orang tua kita bisa beli rumah dan menghidupi keluarga dengan baik sampai sekarang gimana caranya? Kalau kamu bertanya kepada mereka, pasti jawabannya sangat sederhana yakni menabung. Kamu juga bisa melakukannya dengan cara yang sama kok. Ngga peduli besar atau kecilnya gaji kamu, kamu harus selalu bisa nyimpen 20% pemasukan buat ditabung. Kalau bisa bahkan menabung itu diprioritaskan di atas rencana keuangan kamu lainnya. Jika kamu disiplin, ngga perlu nunggu bertahun-tahun buat punya apartemen.

Ikut program cicilan DP
Biasanya kesulitan milenial pas nyari apartemen itu ngumpulin uang DP-nya, makanya harus pinter-pinter nyari pengembang yang bikin program cicilan DP selama jangka waktu tertentu. Abis uang DP lunas, kamu bisa mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) ke bank. Jangan khawatir harga akan berubah, karena harga udah disepakati diawal. Tapi kemudahan ini biasanya ada risiko yang mesti ditanggung, seperti harga beli dengan cicilan DP akan lebih tinggi dibandingkan tanpa cicilan DP.

Kerja di perusahaan dengan fasilitas kemudahan KPR
Ini tips yang ngga mudah tapi juga nggak mustahil kok. Sekarang udah banyak banget perusahaan yang kerjasama dengan pihak bank yang memiliki produk KPR. Biasanya kerjasama ini berawal dari payroll atau gaji bulanan yang ditransfer melalui bank tersebut. Pihak bank akan memberi kemudahan bagi kamu yang telah bekerja di perusahaan tersebut sebagai karyawan tetap minimal setahun.

Intinya sih jangan cepat pesimis kalau generasi milenial kayak kamu bakal susah dapetin hunian pertamanya. Kalau ada niat, pasti ada jalan. Apalagi sekarang Bank Mandiri juga udah punya produk Mandiri KPR Milenial yang dibuat khusus buat memenuhi kebutuhan hunian generasi milenial. Pembiayaannya dengan bene­fit limit kredit pun lebih besar dibandingin dengan KPR reguler. Yuk, mulai beli properti biar masa depan lebih pasti.