4 Cara Mudah Lawan Hoax di Internet

Spirit of Millennials

Banjir informasi di internet emang bikin kita lebih kaya pengetahuan, guys. Tapi, ngga semua informasi yang ada bisa dianggap kebenaran. Alat untuk nge-filter semua itu ya diri kita sendiri. Di sini kita perlu kritis sebelum menelan bulat-bulat.

Masyarakat Indonesia Anti-Hoax ngerilis lima cara untuk menangkal informasi atau berita bohong yang efektif nih, simak yuk!

 

1.Hati-hati dengan Judul Provokatif
Judul sensasional dan provokatif sering dipakai buat narik perhatian. Misalnya berita-berita yang langsung menunjuk atau menuding pihak tertentu. Selain itu, ada juga screenshot berita yang udah dimodifikasi dari artikel aslinya. Kalau terima gambar-gambar provokatif semacam itu, cek dulu ke sumbernya ya.

2. Teliti Alamat Situs
Situs berita atau informasi pastinya punya kepentingan sendiri-sendiri dong. Tapi, Kementerian Komunikasi dan Informatika udah bikin label verifikasi untuk institusi pers resmi yang dinilai lebih mengedepankan objektivitas berita. Situs yang sering dipakai nyebarin hoax biasanya pakai domain blog atau gratisan. Menurut catatan Dewan Pers, di Indonesia ada 43 ribu situs yang mengklaim sebagai portal berita. Sementara yang udah diverifikasi kurang dari 300.

3. Jangan Malas Cek Fakta
Narasumber juga kadang bisa ngasih informasi bohong atau salah lho. Jadi misalkan ada narasumber yang bilang sesuatu, jangan langsung dipercaya begitu aja sebelum dikonfirmasi atau diklarifikasi. Media juga sebenernya pasti cek dan ricek setiap pernyataan narsumnya sih, tapi ngga ada salahnya untuk jaga-jaga kan?

4. Cek Keaslian Foto dan Video
Banyak foto bertebaran di media sosial dan banyak juga yang ngga diketahui dari mana sumbernya. Bisa aja itu diambil dari kejadian di masa lalu dan dikaitin sama kejadian hari ini. Tujuannya bisa beragam, dari alasan hiburan sampai sengaja provokasi. Cara gampang buat cek keaslian foto adalah pakai Google Images. Kamu tinggal drag and drop foto yang dicurigai dan liat hasil pencarian yang muncul.

 

Jangan lupa bijak berpendapat dan bijak dalam mencerna informasi ya guys. Dua hal ini yang bisa bawa Indonesia jadi negeri tanpa hoax. Yuk, mulai sekarang!