5 Cara Mengurangi Radiasi Handphone

Spirit of Millennials

Walaupun teknologi selular pintar banyak banget ngebantu hidup kita dalam banyak hal, ternyata gadget yang ada digenggamanmu itu juga punya potensi mengganggu kesehatanmu, lho. Penyebabnya adalah radiasi dari Radio Frequency (RF) yang dikeluarkan oleh telepon genggam dalam keadaan aktif, terutama saat sedang mencari sinyal.

Dalam jangka panjang, radiasi RF bisa menyebabkan gangguan mental, kanker, sampai masalah reproduksi. Wih, serem banget, ya! Tapi kamu ngga perlu khawatir, karena ada cara untuk mengurangi efek buruk yang disebabkan oleh radiasi dari handphone kamu. Coba ikuti tips berikut, yuk.

 

1.Pakai Headset Saat Menelpon
Menggunakan headset, terutama bluetooth headset, dapat mengurangi resiko terkena radiasi dari ponsel secara langsung. Telponan terlalu lama via handphone akan mengakibatkan ponsel memanas dan membuat kepala kamu pusing dan pening. Lebih parah lagi, hal itu bisa bikin kamu kanker otak, lho.

2.Berkomunikasi Lewat Chat
Kalau kamu lupa bawa headset, sebaiknya kamu berkomunikasi via text atau chat aja. Dengan begitu, so pasti kamu bakalan jauh lebih aman dan terhindar dari radiasi RF.

3.Hindari Mengantongi Handphone
Ponsel kamu akan terus memproduksi radiasi RF walaupun lagi ngga digunakan. Ada baiknya untuk meletakkan handphone kamu sedikit berjarak saat ngga kamu gunakan.

4.Jangan Pakai Handphone Pas Lemah Sinyal
Sinyal RF yang dikeluarkan oleh ponselmu akan lebih besar ketika lemah sinyal. Pasalnya, radiasi tersebut bekerja lebih besar dan lebih kuat karena mencari sinyal.

5.Jangan Taruh Handphone Dekat Kepala Saat Tidur
Radiasi akan tetap muncul karena sinyal handphone kamu tetap bekerja. Bakalan parah jadinya kalau kamu tertidur dengan ponsel aktif di dekat kepalamu. Supaya lebih aman, aktifkan flight mode atau letakkan handphone kamu di tempat yang lebih berjarak.

Dengan menerapkan tips di atas, kamu bisa mengurangi dampak buruk dari peran selular pintarmu. Yuk, kita gunakan gadget dengan lebih bijak demi kebaikan dan kesehatan kita sendiri!