5 Fakta Unik Tentang Pohon yang Harus Kamu Tahu

Spirit of Millennials

Selamat Hari Menanam Pohon Indonesia! Mungkin kita semua sudah tahu kalau pepohonan yang sering kita lihat baik di pinggir jalan, di wilayah perumahan, di pinggir sungai, maupun di hutan adalah “paru-paru” bagi kehidupan seluruh makhluk hidup di bumi. Pohon juga berfungsi untuk menyaring udara kotor dan menyerap air sehingga dapat mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor.

Tapi kamu tahu nggak sih, sebatang pohon rupanya juga menyimpan beberapa fakta unik lainnya. Penasaran?.

 

1.Kadar Oksigen yang Dihasilkan
Satu batang pohon itu dapat menghasilkan oksigen sebanyak 1.2 kg per harinya. Sedangkan satu orang hanya memerlukan oksigen sebanyak 0.5 kg per hari. Jadi, satu pohon itu dapat memberikan kehidupan bagi dua orang.

2. Kadar Penyerapan Karbondioksida
Dalam satu tahun, pohon-pohon tersebut dapat menyerap hingga 14 kg karbondioksida (Co2) dari polusi udara yang dihasilkan oleh pembuangan gas kendaraan, limbah udara pabrik, dan sebagainya.

3. Peran Sang Akar
Nggak cuma batang pohonnya aja, ternyata akar dari pohon-pohon itu juga memiliki peran yang cukup penting, lho. Selain untuk menyerap air ke dalam tanah, akar juga berfungsi untuk mengikat butir-butir tanah, dan mengikat air di pori-pori tanah.

4. Penyerap Panas Terbaik
Nggak heran kalau berteduh di bawah pohon itu rasanya adem banget. Ternyata, pohon dapat menyerap panas 8x lebih banyak dibandingkan dengan atap-atap bikinan manusia. Wow!

5. Pohon Juga Punya Perasaan
Dalam sebuah film dokumenter “Intelligent Trees”, seorang peneliti asal Jerman Peter Wohlleben mengatakan bahwa pohon memiliki perasaan layaknya manusia yang bisa berteman dan saling menyayangi. Makanya, mereka akan lebih senang dan tumbuh lebih baik jika saling berdekatan dan bersentuhan dengan pohon lainnya.

 

Begitu unik dan banyak manfaat, nggak heran deh kalau pohon menjadi salah satu sumber kehidupan di bumi ini hingga memiliki hari perayaannya sendiri. Yuk, kita mulai menanam dan melestarikan pohon untuk menghijaukan kembali bumi pertiwi sekaligus merayakan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang diperingati setiap tanggal 28 November berdasarkan keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008.