5 Surga Tersembunyi di Nusantara yang Wajib Kamu Kunjungi

Spirit of Millennials

Siapa sih yang ngga jatuh cinta sama keindahan alam Indonesia? Surga-surga kecil di Asia Tenggara ini juga termasuk salah satu destinasi tujuan wisata alam yang dijagokan oleh turis dan traveller dari seluruh dunia. Tempat wisata yang ciamik, seperti Bali, Bunaken, Raja Ampat, Gili dan NTT atau NTB pasti udah ngga asing lagi di telinga kalian. Tapi ternyata, masih banyak sudut – sudut di Nusantara yang belum terjamah dan masih bisa kamu telusuri lebih jauh lagi.

 

  1. Tanjung Bira
    Butuh 7 jam perjalanan darat dari Bandar Udara Sultan Hasanuddin untuk bisa sampai ke surga tersembunyi di Bulukumba, Sulawesi Selatan ini. Namun semua itu akan terbayar dengan hamparan pantai dan pasir putih dan lautnya yang jernih banget. Disini kalian juga bisa mengunjungi pulau cantik lain yang berada disekitarnya.
  2. Bukit Puthuk Setumbu
    Dari puncak bukit yang terletak di Desa Karangrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini, kalian bisa menyaksikan matahari yang merangkak perlahan dari balik punggung gunung menyapu kabut yang menyelimuti Candi Borobudur. Salah satu spot paling indah untuk menyambut pagi.
  3. Cukang Taneuh
    Lebih terkenal dengan sebutan Green Canyon, sejuknya surga wisata di Pangandaran ini bisa kalian nikmati sambil mengelilingi sungai dengan perahu. Dengan pemandangan bebatuan tinggi hingga sumber air terjun, kalian juga bisa mengarungi airnya yang hijau kebiruan menuju ke sebuah gua yang berisikan stalagmit dan air terjun kecil yang super jernih.

  4. Curug Luhur
    Curug Luhur atau Curug Cikaso ini memiliki tiga air terjun dengan ketinggian 80 meter yang bermuara pada perairan berwarna hijau kebiruan dibawahnya. Untuk menuju kawasan yang terletak di Kampung Ciniti, Cibitung, Sukabumi, ini kalian akan menempuh jalur trekking yang seru banget!

  5. Lembah Baliem
    Terakhir, kita menuju bagian paling timur di Indonesia, yaitu Pegunungan Jayawijaya, Papua Barat. Lembah Baliem masih dihuni oleh suku aslinya yang terisolasi dengan dunia luar. Disini kalian juga bisa menyaksikan keaslian rumah adat, pakaian tradisional, hingga mencicipi makanan khas suku asli. Jangan lupa juga mampir ke Desa Angguruk yang terletak di kawasan Yali yang bisa kalian tempuh dengan berjalan kaki selama 4-6 hari.

Tempat – tempat diatas bisa kalian jadikan referensi buat squad kalian yang udah mulai bosan dengan destinasi wisata yang mulai ramai oleh turis. Coba deh kalian kunjungi surga – surga tersembunyi di atas. So pasti kalian semakin takjub dengan pesona alam di Nusantara! Nah, bisa nih manfaatin tiket domestik dari maskapai favorit kamu yang lagi turun harga. Pas banget kan momennya!