5 Tips Biar Ngga Terserang Malware

Spirit of Millennials

Menurut Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), di tahun 2018 tercatat ada 225,9 juta serangan siber ke Indonesia. Udah gitu, hampir separuhnya, yaitu sebanyak 40%, berasal dari serangan malware. Gokil.

Malware atau malicious software yang berarti perangkat lunak yang mencurigakan, alias kode virus yang berasal dari software untuk meretas dan mencuri informasi, membajak gadget, sampai memeras uang korbannya. Ngga perlu panik! Kamu bisa ikutin tips di bawah ini supaya gadget kamu terhindar dari serangan virus malware.

1.Memasang Aplikasi dari Sumber Terpercaya
Buat kamu yang suka asal download dari sembarang sumber, mendingan kurang-kurangin deh mulai dari sekarang, karena takutnya banyak spam dan malware-nya. Lebih baik instal aplikasi dari CD original, atau cari sumber yang terpercaya aja.

2.Memasang Antivirus
Ini cara paling standar tapi ampuh untuk menangkal virus ngga jelas yang suka nongol tiba – tiba. Supaya lebih ampuh, jangan lupa di upgrade, ya!

3.Hindari Mengakses Website dengan Domain Mencurigakan
Jangan salah, Top Level Domain (TLD), alias domain website yang paling banyak digunakan, ternyata juga banyak yang berisi spam, malware, botnet dan phishing. Nah, hindari deh untuk nge-klik pop up ads yang bisa nge-direct kamu ke web lain. Bisa gawat kalau ternyata isinya virus!

4.Baca Permission atau Izin Sebelum Menginstal Aplikasi
Yang satu ini emang bikin mata pegel karena panjang banget teksnya. Tapi ada baiknya dibaca dulu semuanya, karena ada kemungkinan juga kalau ternyata isinya malah spam dan virus.

5.Gunakan VPN Ketika Terhubung Dengan Wifi Publik
Seperti pepatah, “sedia payung sebelum hujan”, lebih baik kamu memperisai perangkatmu dulu daripada tiba – tiba terserang virus yang entah dari mana datangnya.

Dengan mengikuti langkah – langkah di atas, kamu bakal meminimalisir kemungkinan terjadinya serangan malware. Jadi, kamu bisa mengoperasikan perangkat yang kamu punya dengan lebih santai sekarang. Tapi kamu harus tetap waspada juga, ya! Inget, better be safe than sorry.