5 Tips Buat Bikin Profil LinkedIn Kamu Dilirik Perusahaan

Spirit of Millennials

Sekarang kita beruntung ngga perlu lagi keliling-keliling bawa map yang isinya izasah dan surat lamaran buat dianterin ke perusahaan. Dengan kemajuan teknologi, kamu bisa nunjukin semua keahlianmu biar dilirik perusahaan via internet. Salah satu caranya adalah lewat media sosial profesional LinkedIn. Yuk simak enam tips ini biar profil kamu makin menarik!

1.Tunjukin kepribadian lewat foto profil
Foto profil adalah hal pertama yang dilihat saat orang pertama kali buka page LinkedIn kamu. Makanya pastiin kamu pakai gambar yang bisa langsung nunjukin kepribadian secara profesional. Sesuain pakaian sama profesi yang kamu tekuni, tampil sopan dan ramah, tapi jangan terlalu dibuat-buat.

2. Manfaatin foto latar buat nunjukin minat dan bakat
Setelah profile picture, yang paling menonjol di laman LinkedIn kamu adalah foto latar yang segede gaban. Di sini kamu bisa nunjukin hal-hal yang kamu suka dan berkontribusi buat karier. Misalnya kamu suka menulis, pasanglah gambar meja tulis secakep mungkin. Kamu bisa cari foto-foto ciamik gratis di situs semacam Pexels.

3. Bikin motto yang dhuarrr
Motto atau tagline adalah kesempatan kamu ngegambarin kepribadian secara singkat. Sebelum lihat profil secara detail, perusahaan bakal lebih dulu lihat kalimat yang kamu tulis di sini. Makanya coba bikin kata-kata yang catchy dan sekreatif mungkin supaya mereka tertarik buat lanjut lihat resume kamu.

4. Ceritain diri sebaik mungkin
Di bagian about, kamu bisa ngejelasin goals karier kamu, di mana kamu kerja dan pencapaian apa aja yang udah kamu dapetin. Di sini juga kamu bisa masukin informasi kontak seperti alamat e-mail atau nomor telepon kerja. Info ini memang bakal kamu tulis lagi di profil, tapi ngga semua orang punya waktu untuk scroll banyak-banyak lho!

5. Rajin update status
Jangan lupa juga kalau LinkedIn ini pada dasarnya adalah media sosial. Seperti platform lainnya, kamu bisa share segala macam di sini. Bagiin hasil kerjaan kamu supaya perusahaan bisa lihat kapasitasmu bekerja. Selain itu, share juga hal-hal menarik lainnya buat nunjukin minat kamu yang beragam.

Gimana, apa kabar profil LinkedIn kamu? Kalau kamu lagi cari kesempatan baru atau fresh graduate dan kesusahan cari kerja pertama, mungkin tips-tips ini bisa ngebantu. Semangat terus guys!