5 Upacara Pemakaman Mendunia dari Indonesia

Spirit of Millennials

Bukan cuma punya pemandangan yang memukau, Indonesia juga punya macam-macam tradisi dan budaya. Bahkan, upacara pemakaman pun sampai terkenal ke luar negeri dan jadi daya tarik buat wisatawan. Ini beberapa di antaranya.

 

1.Mumifikasi – Papua
Suku Asmat di Papua punya tradisi mengawetkan jenazah orang yang semasa hidupnya punya kedudukan tinggi seperti kepala suku atau panglima perang. Jasad dijadikan mumi pakai ramuan-ramuan khusus dan ditaruh di atas api sampai menghitam karena asap. Kalau ada tamu, jenazah dipajang dan diperkenalkan cerita-ceritanya semasa hidup.

2.Ngaben – Bali
Di upacara umat Hindu ini, jasad dibakar supaya rohnya suci sebelum menuju ke tempat peristirahatan terakhir. Setelah jasad diaben atau dibakar, sisa abu dari pembakaran dilarung ke laut atau sungai yang dianggap suci.

3.Rambu Solo – Toraja
Masyarakat Toraja percaya pemakaman tanpa upacara bikin arwah warga yang meninggal bisa bawa kemalangan buat orang – orang yang ditinggalkan. Upacaranya harus memenuhi syarat adat yang berat, mulai dari persembahan sampai jumlah tamu yang banyak. Jenazah juga ngga langsung dimakamkan tapi disimpan dan tetap diperlakukan seperti waktu masih hidup selama berbulan-bulan.

4.Mepasah – Bali
Di Desa Trunyan, jenazah ngga dikubur atau dibakar tapi disimpan di atas tanah dan ditutupi anyaman bambu supaya ngga kelihatan dari luar. Di sana, ada pohon menyan besar yang menyerap dan menetralisir bau pembusukan, sehingga upacara pemakaman semacam ini ngga jadi masalah.

5.Tiwah – Kalimantan Tengah
Suku Dayak di punya ritual khusus untuk jenazah yang sudah dikubur bertahun-tahun dan tinggal tulang-belulang. Upacara mahal yang berlangsung berhari-hari ini dilakuin buat menyempurnakan jenazah dan mutusin ikatannya sama.

 

Gimana? Serukan! Sambil traveling dan mengunjungi spot-spot yang instagramable, kamu juga bisa belajar culture asli Indonesia yang sudah mendunia.