Alasan Medis Kenapa Suhu di Pesawat Super Dingin!

Spirit of Millennials

Pasti kamu pernah ngerasain gimana dinginnya di dalam kabin maskapai selagi penerbangan, kan? So pasti bikin kamu menggigil, bahkan kadang sampai sedikit pilek. Itu lah salah satu alasan kenapa disediakan penyewaan selimut buat kalian yang udah mulai merasa kedinginan.

Eits, kamu jangan mengeluh dulu. Walaupun rasanya kaya berada di dalam kulkas, tapi ada alasan tersendiri kenapa suhu dalam kabin dibuat sangat dingin. Hal tersebut ternyata bersangkutan dengan kesehatan kamu dan ada alasan medisnya juga, lho.

Berdasarkan data dan penjelasan dari organisasi standarisasi tentang pengujian dan material Amerika Serikat, alias American Society for Testing and Materials (ASTM), mereka telah melakukan penelitian dan pengujian menyangkut korelasi antara penumpang yang pingsan saat penerbangan dengan suhu udara.

Setelah melakukan uji coba, mereka mendapati bahwa orang cenderung hilang kesadaran atau pingsan pada saat penerbangan karena kondisi medis yang disebut hipoksia. Ini adalah kondisi dimana kamu akan kehilangan kesadaran akibat kekurangan asupan oksigen.

Nah, hal tersebut bisa terjadi karena adanya reaksi dari tubuh kamu yang cukup berbahaya pada saat suhu hangat bertemu dengan tekanan udara dalam kabin pesawat saat berada di atas awan. Dan ternyata hal tersebut merupakan hal yang lumrah terjadi di pesawat.

Maka dari itu, pihak maskapai penerbangan selalu memasang suhu yang sangat dingin pada pendingin ruangannya, supaya kondisi penumpang bakalan tetep aman dan ngga ada yang pingsan.

Lebih baik lagi kalau kamu selalu sedia jaket atau sweater kalau mau naik pesawat. Sesuai dengan pepatah, “sedia payung sebelum hujan”. So, kamu ngga perlu khawatir lagi bakalan kedinginan di kabin.