Angkasa Pura II Bangun Airport Learning Center Pertama Di Indonesia, Penasaran?

Spirit of Millennials

Kepingin belajar manajemen transportasi udara atau berkarir di airport? Nggak usah jauh-jauh, sebab sekarang sudah ada Airport Learning Center (ALC) di kawasan Bandara Internasional Soekarno – Hatta. Fasilitas pendidikan ini dibangun oleh Badan Usaha Milik Negara yang mengelola bandara, PT Angkasa Pura II (Persero).

Dilansir dari laman Good News from Indonesia (10/19), Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menjelaskan kalau keberadaan ALC tersebut ditujukan untuk melahirkan pemimpin handal (Center of Chiefship), membentuk personil yang memiliki pengetahuan mendalam tentang layanan bandara (Center of Competence), juga mewujudkan standar global di seluruh bandara Angkasa Pura II (Center of Certification).

Tak ketinggalan, pusat pendidikan dan pelatihan pertama di Indonesia ini juga menjadi cara untuk menghadapi tantangan zaman. Melahirkan pimpinan dan SDM yang lebih hebat adalah hal pertama yang harus dipikirkan sebuah perusahaan. Makanya, Airport Learning Center dibentuk.

Keberadaan ALC diharapkan dapat mendukung pembangunan manusia di Indonesia melalui program SDM Unggul Indonesia Maju. ALC saat ini diperuntukkan untuk lingkungan internal Angkasa Pura II. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk ke depannya dibuka juga untuk kalangan eksternal.

Gedung ALC sendiri berada di kawasan perkantoran Bandara Internasional Soekarno – Hatta. Punya 10 ruang kelas berteknologi modern, 1 auditorium, 1 amphitheater, 1 e-library, 1 ruang simulasi, VIP lounge, dan dining hall.

Jenjang pendidikan yang tersedia untuk peserta pelatihan terdiri dari: jenjang karyawan, mulai dari karyawan baru hingga karyawan jelang pensiun. Sedangkan dua program besar ALC adalah untuk membangun Great People Development Program (GPDP) serta Great Leader Development Program (GLDP).

ALC sendiri rencananya akan bekerjasama dengan lintas universitas hingga karyawan Angkasa Pura II bisa mendapatkan beasiswa seperti di Universitas Padjajaran, ITB, UGM, UI, Telkom University, Nanyang Technological University di Singapura, dan Coventry University di United Kingdom.

ALC direncanakan pula sebagai daya dukung visi PT Angkasa Pura II menjadi The Best Smart Connected Airport Operator in The Region. Sebab PT Angkasa Pura II tengah menjalankan program Strategic Transformation 4.0 berdasarkan roadmap 2020 – 2025 yang mengedepankan pengembangan bandara dan peningkatan pelayanan melalui artificial intelligence, internet of things, robotic, automation, nanotechnology, blockchain, 3D printing technology, hingga quantum computing.

Awaluddin pun menegaskan bahwa pembelajaran dan pelatihan di ALC sesuai dengan Strategic Transformation 4.0 dan visi PT Angkasa Pura II menjadi The Best Smart Connected Airport Operator in The Region.