Banyak Millenial Ingin Jadi CPNS Lho! Kenapa Ya?

Spirit of Millennials

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dibuka lagi nih di 2019 ini, guys. Seleksinya bakal berlangsung Oktober mendatang, tapi pendaftarannya dimulai dalam waktu dekat ini. Tapi apa serunya sih berseragam coklat?

Tahun lalu, pendaftaran CPNS diikuti empat juta orang yang ingin bersaing merebut 238.015 jabatan. Tahun ini lowongan yang dibuka lebih banyak dan mencapai 254.173 posisi.

Komposisi itu akan dialokasikan untuk pemerintah pusat sebanyak 46.425 orang, terdiri dari 23.213 orang CPNS dan 23.212 orang PPPK. Sementara untuk pemerintah daerah dialokasikan 203.748 posisi baik untuk CPNS dan PPPK. Seleksi untuk PPPK bakal digelar lebih dulu, sementara CPNS baru Oktober. 

Menurut pemerintah, jumlah pelamar dari generasi milenial tahun lalu cukup tinggi.  Dan banyak di antara mereka yang melamar karena ingin berkontribusi bagi negara dengan bekerja di pemerintahan. Besaran gaji dan tunjangan pensiun ternyata ngga selalu jadi motivasi utama lho! Selain itu, ada juga yang ingin daftar CPNS karena kepastian jenjang karier.

Banyaknya milenial yang minat daftar CPNS juga jadi tantangan buat pemerintah yang mesti memastikan harapan generasi muda ini terpenuhi. Generasi milenial adalah sumber daya manusia yang inovatif dan dinamis, sementara PNS adalah pekerjaan birokrat yang memiliki berbagai keterbatasan. Masuknya generasi milenial sebagai PNS ini diharapkan bisa ningkatin profesionalitas dan kinerja PNS ke depan. 

Berani bersaing? Yuk daftarkan diri kamu menjadi CPNS atau PPPK!