Belajar Sejarah Islam dan Indonesia lewat Makam Wali Songo

Spirit of Millennials

Dengan segala infrastruktur yang ada seperti tol Trans Jawa, sekarang perjalanan dari satu kota ke kota lain di Pulau Jawa jadi lebih mudah dan cepat. Kalau ada rencana berlibur atau mudik lebih cepat, sempatin deh berziarah ke para pendahulu kita sambil nikmatin budaya Ramadan setempat. Sembari belajar sejarah Indonesia, kamu juga sekaligus bisa mengenal Islam lebih jauh dengan ngunjungin makam Wali Songo yang tersebar di pulau ini.

 

1.Jawa Barat
Sunan Gunung Jati adalah satu-satunya anggota Wali Songo yang dikebumikan di Jawa Barat. Diyakini merupakan keturunan Prabu Siliwangi dari ibu dan Nabi Muhammad dari ayah yang berasal dari Gujarat. Tokoh bernama asli Syarif Hidayatullah ini dimakamkan di Cirebon Utara, enam kilometer dari Kota Cirebon.

2. Jawa Tengah
Di Jawa Tengah ada makam Sunan Kudus atau Jafar Shadiq yang merupakan keturunan langsung Sunan Ngudung atau Raden Usman Haji, dimakamkan di tengah areal pemakaman di Kota Kudus, dilindungi bangunan mirip joglo.

Selain itu ada tempat peristirahatan terakhir Sunan Muria atau Raden Umar Said berada di atas Gunung Muria yang hanya bisa diakses lewat jalur terjal dan menanjak. Sedangkan makam Sunan Kalijaga yang bernama asli Raden Mas Said hanya berjarak tiga kilometer dari Masjid Agung Demak.

3. Jawa Timur
Nah, kamu bisa menemukan makam Wali Songo paling banyak di Jawa Timur.

Mulai dari Sunan Bonang atau Raden Makhdum Ibrahim yang dimakamkan di Tuban dan peristirahatan terakhir Sunan Drajat atau Raden Qasim di Lamongan.

Sunan Ampel atau Raden Rahmat, tokoh yang mengedepankan pendekatan intelektual saat transisi Hindu ke Islam ini dimakamkan di sebuah masjid yang kini menggunakan namanya di Kota Surabaya, hingga Sunan Bonang yang terkenal dengan pendekatan seni dan budaya dimakamkan di Desa Bonang.

Selain itu Sunan Gresik atau Syekh Maulana Malik Ibrahim yang diyakini keturunan Husain bin Ali bin Abi Thalib makamnya juga ngga jauh dari pusat Kota Gresik. Sedangkan Sunan Giri yang juga dipercayai keturunan dari cucu Nabi Muhammad tersebut dimakamkan di Dusun Kedhaton Desa Giri.

Serta Sunan Drajat yang dulunya dikenal berjiwa sosial dan bijaksana dikebumikan di Desa Drajat dan Sunan Giri atau Raden Paku di Gresik.

Yuk, jadikan Ramadanmu kali ini lebih istimewa dengan mengenal lebih jauh sejarah Islam dan nasional Indonesia dengan mengunjungi makam-makam Wali Songo di Pulau Jawa.