Belanja Aman Pas Harbolnas 2019

Spirit of Millennials

Nggak terasa di tahun ini kita memasuki tahun ke-9 dari Harbolnas alias Hari Belanja Online Nasional. Masih sama seperti tahun lalu, Harbolnas kali ini akan diselenggarakan selama 2 hari, yaitu tanggal 11 dan 12 Desember 2019. Sedikit info buat kamu, khusus hari pertama, Harbolnas bakal menawarkan berbagai produk lokal, lho!

Apa sih yang dinanti dari Harbolnas kalau bukan potongan harganya yang nggak nanggung-nanggung? Nah, diskon belanja online yang bisa kamu dapat nanti mencapai 90%. Udah gitu, rencananya bakalan ada 300 platform e-commerce yang ikut serta dalam Harbolnas nanti untuk menawarkan berbagai macam produk. Mulai dari fesyen, otomotif, kebutuhan rumah tangga, kesehatan, gadget, elektronik, dan masih banyak lagi. Pokoknya komplit deh.

Tapi ingat, bagaimanapun kamu harus selalu mengedepankan keamanan bertransaksi dong saat berburu barang diskonan di Harbolnas. Makanya, selain menyiapkan daftar belanjaan dan budget, kamu perlu memilih e-commerce atau situs belanja online tepercaya, misalnya blanja.com untuk mencegah penipuan dan segala bentuk transaksi yang nggak bertanggung jawab.

Selain punya nama besar dan aplikasi yang bisa diunduh, pastikan juga situs belanja online pilihan kamu punya layanan customer service yang bisa dihubungi kapan saja. Jadi kalau ada pertanyaan atau keluhan, kamu tau harus menyampaikannya ke mana.

Selanjutnya, cari seller yang memiliki reputasi baik. Jangan malas buat chat pemilik toko dan bacain testimoni pelanggan. Ini penting untuk memastikan barang yang kamu incar tersedia, juga sesuai gambar dan keterangan.
Soal bayar-membayar, cara bayarnya sesuaikan aja sama keinginan kamu. Pakai kartu kredit, kartu debit, m-banking, atau dompet online ya bebas aja. Tapi, sebaiknya pas belanja online kamu menggunakan gadget dan akun pribadi. Terus hindari deh penggunaan wifi publik, apalagi VPN pas transaksi online. Soalnya akun pribadi kamu bisa diretas oleh orang-orang yang nggak bertanggung jawab.

Oh ya, nanti kalau udah kelar belanja, bukti transaksinya jangan lupa disimpan sampai kamu menerima barang belanjaan tersebut. Cek juga akun kamu di situs belanja online secara berkala untuk mengawasi status pesanan kamu.

Berburu barang diskonan ya tentu aja boleh banget, hanya tetaplah menjadi pembeli yang bijak. Jangan sampai beli barang yang nggak perlu hanya karena bagus atau murah hingga akhirnya cuma jadi barang berdebu di pojokan kamar.

Selamat menikmati Harbolnas 2019, guys!