Berburu Spot yang Instagramable di “Kampung Pelangi”

Spirit of Millennials

Ngga lagi sebatas pantai dan gunung, sekarang perkampungan juga bisa lho kamu jadikan tujuan wisata, bahkan menjadi lokasi foto yang instagramable bareng keluarga dan sahabat. Meskipun belum pernah ke sana, istilah “Kampung Pelangi” mungkin sudah ngga asing buat kamu. Apalagi kalau kamu follower dari akun-akun traveling lokal di media sosial.

Kampung dengan tampilan warna-warni yang menarik ini rupanya dapat kamu temui di beberapa daerah di Indonesia. Misalnya Kampung Warna-Warni Code di Yogyakarta, Kampoeng Kelir Kroman di Gresik, Kampung Wisata Jodipan di Malang, Kampung Berkelir di Tangerang, Kampung Sungai Kalilo di Banyuwangi, Kampung Bulak di Surabaya, dan Kampung Pelangi di Semarang. Asal kamu tahu, Kampung Pelangi yang ada di Semarang ini pernah dijadikan lokasi syuting video clip oleh penyanyi bersuara lembut jebolan dari salah satu ajang pencarian bakat ternama, Monita Tahalea.



Nah, sebentar lagi di Medan juga bakal ada “Kampung Pelangi”, tepatnya di Kampung Hamdan dan Sukaraja. PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo 1) bekerjasama dengan Busur Care yang merupakan komunitas Keluarga Besar Alumni Universitas Gadjah Mada, Komunitas Go River, Go Green and Art, Medan City Art, Kelas Dewantara, dan Health and Safety and Environment Wilayah Sumatera Utara untuk melakukan bedah kampung dengan tujuan menata lingkungan di pemukiman sungai, meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat, serta menjadikannya sebagai destinasi wisata baru di Medan.

Makin bertambah saja deh jumlah kampung warna-warni di Indonesia! Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan ikut merawat berbagai fasilitas di “Kampung Pelangi” mana pun yang kamu tempati atau kunjungi, agar supaya citra kampung yang identik dengan lingkungan kumuh dapat diperbaiki secara perlahan.