Bertahan Hidup Dari Gaji Ke Gaji? Ini Caranya!

Spirit of Millennials

Kebutuhan dan keinginan itu dua hal yang mesti dibedain lho! Mau sebesar apapun gaji kamu, keinginan pasti bakal terus ada dan ngga akan bisa dipenuhi. Paling penting adalah penuhi kebutuhan dan cukupi keinginan kamu. 

Survei terbaru Charles Schwab menyebut milenial sebagai generasi yang paling ngerasa ngga stabil secara finansial. Survei bertema 2019 Modern Wealth itu diikuti 380 responden milenial berusia 23-28 tahun. Hasilnya, rata-rata milenial ngaku ngabisin 478 dolar AS per bulan atau Rp6,9 juta untuk hal-hal yang bukan kebutuhan primer, seperti makan di luar, hiburan, barang mewah dan liburan.  

Penulis keuangan pribadi Farnoosh Torabi mengomentari fenomena tersebut. “Tampaknya aneh karena statistik menunjukkan banyak millennial hidup dari gaji ke gaji tapi belanja berlebihan.”

Walaupun aneh, inilah kenyataan yang biasanya dihadapi milenial. “Ketika kehidupan keuangan kamu berantakan, besar kemungkinan kamu akan belanja berlebihan. Emosi terkait uang akan menggiring kita membuat pilihan yang tidak rasional,” katanya.

Di saat yang sama, inflasi juga ngga bisa dibendung. Dampaknya bakal berimbas ke harga-harga. “Ketika Anda punya cicilan, tagihan kartu kredit, ketika Anda tidak memiliki literasi keuangan yang cukup, itu bisa berakibat pada keputusan yang tak sehat terkait keuangan Anda, termasuk belanja berlebihan,” kata Torabi.

Jalan keluarnya ya mengelola gaji sebaik mungkin, guys. Yang paling penting di sini adalah mengubah pola pikir. Menabung mutlak banget mesti dilakuin. Kalau kamu ngga bisa ngelakuin ini, gaji kamu ya easy come easy go. Mulai deh ngurangin pengeluaran yang ngga perlu dari sekarang.

Pakar keuangan dan profesor Golden State University Saundra Davis ngasih solusinya nih. “Bila Anda mencoba mengurangi pengeluaran, langkah pertama adalah mengatur apa saja yang Anda belanjakan dan bagaimana Anda membelanjakan (uang Anda).”

Yang dibilang Davis sesuai sama ilmu manajemen lama yang sebenarnya masih berlaku sampai hari ini. Catat semua pengeluaran dan keluarkan semua yang dicatat. Kalau ingin nyelamatin gaji dari penggunaan yang ngga penting, yuk coba menahan diri, mencari income tambahan, atau mulai buka usaha. Bijak ngelola keuangan hari ini bisa jadi kesuksesan keuanganmu di masa depan lho!