Bidang IT yang Bakalan Melejit di 2020

Spirit of Millennials

Berada di era digital membuat hampir segala jenis bisnis membutuhkan bantuan teknologi untuk memaksimalkan produktivitasnya. Nah, buat kamu yang punya keahlian di bidang IT, ada kabar baik nih. Belakangan ini, CEO dari MobileMonkey, Larry Kim, kembali membuat daftar tenaga ahli di bidang teknologi yang akan sangat dicari di tahun 2020 mendatang. Apa aja, sih?

  1. Pembuat Chatbot
    Kemudahan berkomunikasi di era digital ini membuat pekerjaan customer service semakin membludak. Nah, dengan adanya Chatbot, perusahaan bisa menghemat biaya SDM sampai 30%. Maka dari itu, ahli pembuat Chatbot bakalan dicari banget nih tahun depan.
  2. Perancang Artificial Intelligence
    Maraknya perkembangan startup di bidang e-commerce dan dunia kesehatan membuat kebutuhan Artificial Intelligence (AI) pada perusahaan tersebut juga meningkat. Larry Kim pun memberikan prediksinya tentang bisnis yang berbasis AI akan memiliki nilai lebih dari Rp3,9 triliun di tahun 2022.
  3. Analis Big Data
    Big Data yang dimaksud di sini adalah istilah yang menggambarkan volume dari data, baik data terstruktur maupun tidak terstruktur, dalam jumlah yang besar. Nah, dari data-data ini, akan terlihat bagaimana pola konsumen dalam mengeluarkan uangnya, apa yang sedang mereka minati, termasuk selera makan mereka. Dengan begitu, sebuah perusahaan dapat membuat strategi bisnis dengan lebih efektif dan efisien. Larry Kim pun memprediksi bahwa bidang yang satu ini akan sangat profitable di tahun depan hingga beberapa tahun mendatang.

Nggak ketinggalan, beliau juga mengatakan bahwa ahli di bidang Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), cloud computing, IoT, cybersecurity, pembuat Virtual Reality (VR) dan juga pembuat Augmented Reality (AR) bakalan kebanjiran job di tahun depan!

Nah, berhubung teknologi akan selalu berkembang dan digunakan sampai ke masa depan, ada baiknya kalau kamu juga turut beradaptasi dengan teknologi, apalagi kalau sampai bisa menguasai salah satu bidang di atas. Pasti banyak keuntungannya, deh!