Cara Bikin Password Kuat yang Gampang Diingat

Spirit of Millennials

Sekarang makin banyak akun yang dibutuhin di kehidupan sehari-hari, dan idealnya setiap akun punya password yang berbeda. Alasannya simpel, supaya keamanan akun yang lain tetap terjaga seandainya salah satu akun kamu diretas.

Selain itu, setiap akun juga mesti punya password yang kuat supaya ngga gampang ditebak sama orang-orang yang punya niat jahat. Ini tips-tips yang bisa kamu ikutin buat bikin password kuat yang tetap gampang diingat.

Pertama, untuk bikin password yang kuat, jangan sekali-kali pakai kata itu sendiri. Sering kali orang pakai kata ‘password’ supaya gampang diingat. Memang ngga mungkin lupa, tapi itu gampang juga ditebak sama hacker.

Pakai kata-kata yang terkesan random tapi masih bisa relate sama kamu supaya gampang diingat, dan kasih kombinasi angka yang acak juga seperti waktu kamu bikin password itu. Misalnya, kalau kamu suka kucing dan anjing, dan bikin password jam 10.10, kamu bisa pakai password semacam ‘GukgukMeong1010’.

Kalau mau lebih random lagi, kamu bisa pikirin satu kalimat panjang yang kamu ngga akan lupa. Misalnya, ‘nama pacar pertama saya Icha, kami pacaran selama 10 bulan.’ Nah, ngga akan lupa kan, tuh? Ha ha ha. Tinggal kamu singkat jadi ‘NppsIkps10b’ buat password kamu. Random abis.

Sebenarnya banyak juga layanan password manager yang bisa bikinin password kuat buat kamu. Kamu juga ngga perlu ingat masing-masing kata sandinya kalau pakai layanan ini.

Tapi kalau kamu ngga percaya sama keamanan layanan semacam itu, cara manual jadi satu-satunya jalan keluar. Zaman sekarang apa sih yang bisa dipercaya? Tapi untuk jaringan internet, kamu masih bisa percaya sama Telkomsel, kok. Password kuat, jaringan juga harus kuat dong!