Cara Mudah Bikin Website buat Usaha Rintisanmu

Spirit of Millennials

Zaman sekarang semua hal bisa dicari dan dibeli di internet. Malah, akun sosial media juga makin banyak yang dipakai jualan. Di sini, kamu bisa bersaing sama usaha-usaha yang lain dengan cara bikin website sendiri.

Dengan mempunyai website sendiri, pembeli bakal mikir kalau usahamu lebih profesional dan bonafide. Penting banget tuh cap profesional dan bonafide. Tahu sendirikan walaupun banyak banget orang yang lebih milih belanja online belakangan ini, tapi masih banyak juga yang ngeri kena penipuan karena transaksi ngga secara tatap muka.

Nah, yang pertama harus diperhatiin adalah ada banyak alternatif cara mudah bikin website. Tapi jangan bingung, karena secara garis besar sebenarnya ada dua yang bisa kamu lakuin, yaitu lewat layanan website builder atau blogging platform.

Kamu mungkin sudah familiar dengan nge-blog. Di antara banyak layanan, salah satu yang paling populer adalah WordPress. Dengan WordPress, kamu bisa pilih satu dari banyak template yang ditawarin. Ada macam-macam template yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, baik itu untuk jualan, portofolio, fotografi, apalagi nge-blog itu sendiri.

Dengan paket berbayar, kamu bisa dapat lebih banyak template dan pilihan kustomisasi website. Kamu bisa mulai dengan paket gratis atau paling murah dan upgrade seiring perkembangan usahamu. Nantinya, kamu bisa juga sewa jasa web designer buat kustomisasi situsmu.

Pilihan kedua yang belakangan makin populer adalah dengan pakai website builder. Ada banyak pilihan seperti Squarspace, Wix, atau Weebly. Kurang lebih layanan yang mereka tawarin sama, yaitu kemudahan bikin website menarik buat orang-orang yang ngga punya pengalaman. Bisa dibilang ngebangun situs di sini mirip dengan main Lego.

Nah, yang mana yang lebih cocok buat kamu? WordPress punya lebih banyak pilihan kustomisasi tapi relatif lebih sulit dibanding layanan-layanan website builder. Tapi untuk langkah awal, pilihan manapun bisa kasih kamu website buat bantu usahamu. Tinggal sesuaikan deh sama budget yang kamu punya. Yuk, mulai sekarang!