Dear Milenial, Berbuat Baik Makin Mudah dengan Internet

Spirit of Millennials

Terlahir dan berkembang di era digital seperti sekarang ini, semua hal terasa semakin mudah, termasuk dalam hal berbuat baik. Sejak adanya platform filantropi, kita bisa memberikan bantuan finansial hanya melalui layar gadget.

Nah, di Indonesia platform online filantropi lagi berkembang nih. Dua di antaranya adalah Kitabisa.com dan Dompet Dhuafa. Selain lebih mudah, menyumbang lewat platform online kamu juga bisa lebih tenang karena aliran dananya terpantau.

Selain untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah, aktivitas filantropi juga bisa menjadi solusi negara ini untuk menekan angka kemiskinan jika diorganisir dan disertai pemberdayaan masyarakat, lho.

Lebih jauh lagi, online crowdfunding semacam ini bisa juga ngebantu saat ada kepentingan bersama, seperti di kasus tim bisbol putri yang kesulitan dana buat bertanding di Australian Youth Baseball Championship di Canberra, April ini.

Kabar ini viral di media sosial dan menarik perhatian para penggunanya. Tim bisbol putri butuh dana Rp982 juta untuk bertanding. Setelah menyebar di dunia maya, Kitabisa.com jadi sarana buat masyarakat ngebantu tim ngumpulin dana. Saat ini, dana yang terkumpul sudah tembus Rp20 juta.

Eksplorasi filantropisme ke dunia online jadi langkah yang patut diacungi jempol karena segala kemudahannya bisa mendorong lebih banyak orang untuk berbuat baik. Malah, bisa dibilang langkah ini jadi sebuah keharusan.

Alasannya, generasi milenial semakin bergantung pada segala hal yang berbau digital, baik itu untuk belanja, bayar tagihan, atau bayar ongkos transportasi sehari-hari.

Nah, sekarang kamu tahu kan bukan cuma keperluan pribadi saja yang jadi lebih gampang dengan kemajuan teknologi. Sekarang ngga ada lagi alasan buat kamu ngga berbuat baik ke orang-orang yang membutuhkan. Ayo mulai jadi filantropis sekarang!