Diet Plastik Untuk Bumi Pertiwi

Spirit of Millennials

Pernah kepikiran ngga, sih, seberapa banyak plastik yang kita buang gitu aja tanpa ada awareness kalo sebetulnya itu membahayakan bumi kita? Sampah – sampah itu butuh waktu lama untuk terurai dan akan terus menumpuk jadi polusi yang akhirnya merusak habitat kita dan makhluk hidup lainnya. Selain itu, pembuangan plastik juga menghasilkan emisi karbon yang tinggi yang menjadi salah satu penyebab perubahan iklim di dunia, lho.

Di sektor kelautan sendiri, industri perikanan global setiap tahunnya diperkirakan membuang 150.000 ton sampah plastik ke dalam laut. Pencemaran tersebut setidaknya membunuh 1 juta biota laut setiap tahunnya. Parahnya, negara kita termasuk sebagai salah satu penyumbang sampah plastik terbesar nomor dua setelah Tiongkok.

Nah, ada beberapa cara dan solusi untuk mengembalikan kelestarian bumi pertiwi dan mengurangi pencemaran yang diakibatkan oleh penggunaan plastik, nih. Coba ikutin cara – cara berikut, deh.

 

  1. Tas Kanvas/Kain untuk Berbelanja
    Siapkan atau bawa sendiri tas kain untuk membawa barang – barang belanjaan kamu. So, kamu ngga perlu lagi menggunakan kantong plastik.

  2. Gunakan Jar atau Botol Kaca
    Setelah berbelanja keperluan bahan pangan ataupun lainnya, gunakan jar atau botol kaca sebagai wadah penyimpanan untuk jangka waktu yang cukup panjang.

  3. Substitusi Perabotan Berbahan Plastik
    Segala peralatan dan perlengkapan kamu yang berbahan dasar plastik bisa kamu substitusi, lho! Seperti botol minum, tempat makan, utensil, sedotan, hingga box/wadah penyimpanan, semua bisa kamu ganti dengan yang bukan berbahan dasar plastik, atau setidaknya dengan bahan plastik yang dapat digunakan berkelanjutan.

 

Menerapkan hal – hal di atas tentu bisa mengurangi sampah dan pencemaran plastik. Tapi, kamu bisa juga memanfaatkannya dengan mendaur ulang limbah plastik menjadi barang baru yang berguna. Yuk, kita diet plastik untuk bumi yang lebih baik!