Dilan, Masa Depan Milenial Indonesia

Spirit of Millennials

Teknologi informatika di dunia terus berkembang cepat, termasuk di Indonesia. Manfaatnya udah pasti dong kita bisa rasain sendiri. Nah buat pemerintah, ini juga bisa jadi kesempatan buat perbaikan sistem layanan supaya lebih efisien, ekonomis, transparan dan ngga ribet.

Gimana caranya? Jawabannya ada di Dilan. Bukan karakter buatannya Pidi Baiq lho ya, tapi ini singkatan yang dicetuskan Presiden RI Joko Widodo pada Debat Capres tempo lalu. Dilan di sini artinya “Digital Melayani.”

Contohnya bisa dilihat di Mal Pelayanan Publik (MPP) yang dikelola Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Di sana, teknologi digital udah dipakai buat ngebantu masyarakat DKI Jakarta.

Kepala DPMPTSP Provinsi, Edy Junaedi, bilang MPP Jakarta dibentuk sebagai tindak lanjut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 23 tahun 2017. Tujuannya untuk meningkatkan pelayanan secara berkelanjutan, agar cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman.

MPP DKI Jakarta Dibentuk Pemprov bersama Kemenpan-RB, unit-unit pelayanan publik di Jakarta dan daerah, BUMN, BUMD dan swasta. Di dalamnya ada beberapa instansi yang terlibat, yakni Ditjen Pajak, Ditjen Bea dan Cukai, Ditjen Imigrasi, Ditjen Administrasi Hukum Umum, Badan Koordinasi Penanaman Modal RI, Kanwil BPN Jakarta, Polda Metro Jaya, Badan Pajak dan Retribusi Jakarta, Dukcapil Jakarta, Jasa Raharja, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, PLN dan Bank DKI.

Presiden Jokowi ingin MPP bisa memberikan kecepatan pelayanan buat masyarakat dan pengusaha. Ini sudah ada di 13 kota dan rencananya akan terus diperbanyak. Sementara di pemerintah pusat sendiri ada Online Single Submission yang bisa mempercepat administrasi izin dan mencegah korupsi.

Ngga usah lagi khawatir ada urusan mudah yang dipersulit atau birokrasi berbelit-belit. Kita milenial yang ingin jadi pengusaha atau mesti berurusan dengan pemerintah pusat dan daerah ngga akan lagi kesulitan karena sudah ada layanan digital ini. Yuk, kita dukung Dilan buat masa depan yang lebih baik!