Freelance atau Kantoran? Pilih Mana, Ya?

Spirit of Millennials

Pasti pernah terbesit di benak kalian, terutama yang baru pada lulus kuliah, untuk nyangkul sebagai freelancer aja. Walaupun, baik freelance atau kantoran, semua ada perhitungannya. Bahkan kadang dengan banyaknya keahlian yang kalian punya, malah jadi bingung untuk memilih pekerjaan apa yang bisa kalian ambil. Kalau memilih untuk kantoran, tentunya kalian harus sabar dan giat untuk apply sana – sini dan nunggu panggilan interview dari perusahaan tersebut. Dan tentunya, akan makan banyak waktu.

Pertimbangannya, kalau kalian menjadi pekerja lepas kalian bisa mulai dari kapan pun yang kalian mau, dan tentunya bisa mengerjakan dan mengoptimalkan segala keahlian yang kalian punya. Tapi kalau proyekan lagi seret, tentunya penghasilan kalian ikutan seret juga. Nah, kalau kalian emang udah memutuskan untuk menjadi pekerja lepas, ada beberapa plus dan minus yang harus kalian perhatikan juga, lho! Simak ulasannya yuk.

 

Plus

 

  • Waktu Kerja Fleksibel
    Sebagai pekerja lepas, tentunya waktu bekerja kalian sangat leluasa. Ngga perlu setiap hari bangun pagi dan bermacet – macetan ke kantor. Yang penting semua pekerjaan selesai tepat waktu!

 

  • Bekerja Sesuai Hobi dan Keahlian
    Ini dia benefit paling menarik dari freelancing. Kalau kalian ngantor, belum tentu kalian dapat job desc yang sesuai dengan kemauan kalian, apalagi sesuai hobi.

 

  • Langkah Awal Berwirausaha
    Sebagai freelancer, tentunya kalian menjadi bos dan bertanggung jawab untuk pekerjaan dan diri sendiri. Selain berwirausaha, kalian juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Minus

 

  • Tidak Ada Tunjangan
    Dengan bekerja sendiri, tentunya kamu tidak akan mendapatkan tunjangan, seperti asuransi, bonus, uang lembur, ataupun THR, layaknya bekerja di sebuah perusahaan.

 

  • Terisolasi
    Berbeda dengan bekerja di kantor yang dikelilingi oleh kolega lainnya, sebagai freelancer kalian akan lebih banyak sendiri, kecuali pada saat bertemu dengan klien. Dan kadang hal ini dapat membuat kalian stress juga, lho!

 

  • Stabilitas Pendapatan
    Meskipun kalian bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar ketimbang bekerja kantoran, tapi sebagai freelancer, pendapatan kalian juga sangat fluktuatif. Maka dari itu, kalian juga harus giat mencari klien agar pendapatan kalian tidak mengalami fluktuasi yang signifikan!

 

Itu adalah beberapa contoh dari keuntungan dan kerugian dari bekerja lepas. Tapi selain hal – hal tersebut, ada baiknya jika kalian menggali informasi lebih dalam lagi sebagai pertimbangan kalian agar tidak salah pilih nantinya. Ayo, kerja, kerja, kerja!