Gandeng Follower-mu Dukung Ekonomi Kerakyatan

Spirit of Millennials

Desa Mancasan, Sukoharjo, Jawa Tengah dikenal sebagai sentra kerajinan rakyat gitar berskala nasional dan bahkan internasional. Produk-produknya beredar di toko musik ternama hingga toko-toko musik kecil. Sebagiannya di ekspor. Kualitas produksinya setara dengan pabrik gitar kenamaan.

Usaha satu kampung tersebut berjalan bertahun-tahun. Informasi keberadaannya awalnya hanya dari mulut ke mulut hingga akhirnya diekspos media massa besar-besaran. Harga yang ditawarkannya pun sangat miring.

Di Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, terdapat sentra kerajinan rakyat berbasis industri logam atau metalurgi. Industri ini umumnya mudah ditemui di negara-negara industri maju. Hasil kerajinannya beragam, mulai dari spare part otomotif hingga komponen industri perkapalan. Kecamatan Talang – Tegal pun terkenal di kalangan designer spare part otomotif dan penggemar otomotif.

Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) sudah teruji tahan banting. Ini dilatari oleh peristiwa krisis moneter Indonesia tahun 1998 yang membuat banyak perusahaan besar di Indonesia oleng karena tekanan dolar yang naik drastis sehingga rupiah ter-depresiasi dan perekonomian Indonesia terganggu. Bahan baku impor tak terjangkau, usaha yang mengandalkan bahan baku tersebut stuck tak dapat berproduksi lagi.

UKM dan IKM Indonesia yang mengolah bahan baku lokal tak terpengaruh depresiasi rupiah terhadap dolar. Justru mendapat keuntungan ketika mengekspornya. Ketahanan ekonomi nasional tidak sampai oleng karena terbantu oleh keberadaan mereka.

Sistem ekonomi kerakyatan sendiri adalah sistem berbasis pada kekuatan ekonomi rakyat yang sanggup mengelola sumber daya ekonomi secara swadaya. Pengertian ekonomi kerakyatan sendiri merujuk pada Pasal 33 UUD 1945, yakni sistem perekonomian yang ditujukan untuk mewujudkan kedaulatan rakyat dalam bidang ekonomi.

Keberadaan IKM dan UKM di suatu wilayah dianggap sebagai pemicunya hidupnya perekonomian setempat, sebab berhasil memanfaatkan sumberdaya produksi lokal sebagai produk layak jual.

Siapkan paket data dengan jaringan selular berjangkauan luas seperti yang dimiliki Telkomsel. Mulai blusukan berburu desa-desa kreatif. Infrastruktur saat ini sudah memadai untuk meloncat sana-sini mencari pengalaman baru sekaligus mencari source baru. Gandeng dan jalin kerjasama IKM/UKM daerah sebagai sumber informasi maupun sumber pendapatanmu. Kenali mereka, buat trademark dirimu sebagai corong ekonomi kerakyatan yang tengah ada.