Gebrakan Damri Di Era Industri 4.0

Spirit of Millennials

Di kuartal pertama tahun ini, Perum Damri berhasil meraih penghargaan “Innovation Company in Providing e-Ticketing Service” untuk kategori transportation and warehousing dari majalah Warta Ekonomi di acara Indonesia Digital Innovation Award. Penghargaan ini pun menjadi bukti bahwa Perum Damri telah mengadaptasi revolusi industri 4.0.

Disebutkan oleh Direktur Utama Damri Setia N. Milatia Moemin berdasarkan lansiran dari laman Warta Ekonomi (20/3), penghargaan tersebut akan menambah semangat untuk manajemen Damri bersaing di era kekinian dan terus meningkatkan inovasi dan layanannya. Untuk itu, pelaksanaan e-ticketing dalam roadmap IT Damri pun mendapat prioritas. Harapannya, hal tersebut dapat meningkatkan daya saing, simplifikasi proses bisnis, kemudahan evaluasi sekaligus memberi kemudahan bagi para pelanggan.

Penghargaan tersebut diperoleh atas usaha Perum Damri membenahi diri menghadapi tantangan disrupsi teknologi dengan memberikan inovasi digital terbaik secara berkesinambungan. Penghargaan tersebut dinilai berdasarkan tiga kriteria, yakni inovasi digital, proses, dan sumber daya.

Majalah Warta Ekonomi melakukan riset sepanjang Desember 2018 hingga Januari 2019. Tim analisnya menggunakan survei kualitatif dengan data sekunder dan media monitoring. Data sekunder diambil dari publikasi resmi perusahaan, data resmi asosiasi, dan lembaga perusahaan (BI, OJK, BPS, dan lain-lain). Sedangkan media monitoring dilakukan dengan melacak informasi implementasi digital yang dimuat di 40 media online mainstream sejak Januari hingga Desember 2018.

Kini Perum Damri terus mengusahakan pengembangan organisasi yang berorientasi pada transformasi di berbagai lini organisasi. Salah satunya, transformasi digital pada empat bidang utama, yaitu di bidang komersial, teknik, keuangan, dan penciptaan SDM unggul.