Generasi Milenial Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

Spirit of Millennials

Menghadapi era revolusi industri 4.0, kita diharapkan bisa menciptakan inovasi dan teknologi yang mampu bersaing dengan negara – negara maju. Pasalnya, otomasi ini mencakup hal – hal seperti sistem siber-fisik, internet segala (IoT), komputasi awan dan komputasi kognitif, dimana industri bergerak dalam “pabrik cerdas” berstruktur modular yang menyalin dunia fisik secara virtual.

Nah, supaya layak masuk dalam kategori industri 4.0 ini, pabrik dan sistemnya harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu interoperabilitas, transparansi informasi, bantuan teknis dan pengambilan keputusan yang terdesentralisasi.

Makanya, angkatan kerja di Indonesia mesti terus belajar supaya bisa meningkatkan keterampilannya dan memahami penggunaan teknologi Internet of Things secara optimal dan lebih maksimal.

Meskipun begitu, tantangan tersebut mendapat sambutan manis dari Tim Mobil Listrik Blits, karya anak bangsa yang berhasil menempuh perjalanan sekitar 15.000 km keliling nusantara dalam ekspedisi bertajuk “PLN Blits Explore Nusantara”. Ngga cuma itu, hadirnya mobil listrik tersebut juga menandakan bahwa Indonesia siap bergerak menuju masa depan dengan beralih dari energi fosil ke tenaga listrik.

Kendaraan roda empat buah kolaborasi dari Universitas Budi Luhur (UBL) Jakarta dan ITS Surabaya ini ditenagai oleh baterai yang memiliki 2.800 sel baterai yang dipasang secara paralel dan seri dengan kapasitas maksimum 100 kWh. Setelah 8 jam, baterai mobil ini akan terisi penuh dan bisa menempuh jarak sampai 300 km. Canggih, ya!

Selain itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa ada 5 fokus kategori industri yang disiapkan untuk menggempur Revolusi Industri 4.0, yaitu dari sektor makanan dan minuman, tekstil, otomotif, elektronik dan kimia. Menurut Pak Presiden, kelima industri tersebut merupakan penyumbang dan pencipta lapangan kerja lebih banyak, sumber investasi baru berbasis teknologi, dan juga tulang punggung dalam peningkatan daya saing.

Itu baru segelintir contoh kecil dari kreasi dan inovasi generasi milenial di Tanah Air. So pasti bakalan ada banyak banget ide – ide kreatif dari muda – mudi Indonesia yang bisa ditumpahkan untuk ikutan tempur di revolusi industri 4.0. Ini adalah saat paling tepat untuk mewujudkan inovasi ciamik yang ada di kepala kita buat jadi sesuatu yang bisa bawa bangsa ini ke arah yang lebih baik.