Hati-hati Foto di Bandara. Jangan di Empat Area Ini, Ya!

Spirit of Millennials

Nggak ada yang salah dari senang memfoto dan difoto. Lagi pula, fitur kamera pada smartphone memang diciptakan untuk mendukung kebutuhan dan hobi berfoto kamu. Tapi perlu kamu ingat kalau nggak semua tempat memperbolehkan kamu mengambil gambar, baik itu selfie, memfoto objek sekitar, atau merekam situasi. Larangan ini muncul karena berkaitan dengan masalah keamanan dan kerahasiaan.

Nah di bandara, ada empat tempat yang nggak memperbolehkan kamu mengambil gambar maupun merekam situasi sama sekali. Jangan coba-coba kalau nggak mau kena sanksi berat, mulai dari teguran hingga denda. Sebab hal ini sudah menjadi peraturan yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Empat area bandara tersebut adalah:

  1. Area Pemeriksaan Keamanan Penerbangan/Security Checkpoint
    Area penting untuk mencegah penumpang membawa masuk atau keluar barang-barang yang tidak sesuai aturan. Hanya petugas khusus yang boleh menggeledah barang bawaan kamu secara langsung atau memantaunya melalui layar. Kamu tentu saja nggak diperbolehkan foto-foto atau merekam di area ini. Alasan terkuat larangannya berkaitan dengan keamanan bagi petugas dan sistem keamanan global bandara. Kalau sampai ketahuan melanggar, bisa-bisa kamu berurusan dengan sekuriti yang berwenang. Bahkan bisa diseret ke ruang pemeriksaan.
  2. Tempat Pengendalian Keamanan Penerbangan/Air Traffic Control (ATC)
    Bisa masuk ke ruangan ini saja sudah terbilang istimewa. Sebab yang diperbolehkan masuk hanya orang-orang yang mengantongi izin saja. Kamu bisa saja menjadi orang yang istimewa itu dan berkesempatan buat melongok ruang kerja pengatur udara. Apa yang ada di dalam adalah kerahasiaan alias tak boleh keluar atau terpublikasi secara sembarang. Kamu atau orang yang mengajakmu ke ATC akan kena sanksi berat jika sembarang mengambil gambar. Jadi, jangan gelap mata dengan keistimewaannya ya. Cukup hargai dengan patuhi peraturannya.
  3. Area Pelayanan Imigrasi
    Kaitannya dengan filter dan screening hingga menjadi area bandara yang paling ketat pengawasannya. Bahkan jarang sekali petugasnya yang memberikan senyuman. Di area pelayanan imigrasi, dokumen kamu bakal dicocokan secara maksimal dan gerak-gerikmu ikut dipantau. Tak jarang, petugas imigrasi bakal menanyakan satu atau dua pertanyaan. Jangan coba-coba memfoto atau merekam di saat para petugas sibuk memantau dan menelisik. Selain bakal ditegur keras, hal ini bakal mengundang stigma buruk buat diri kamu. So please, hindari ya!
  4. Area Pelayanan Kepabeanan
    Area ini bertujuan untuk pemeriksaan berbagai barang yang dibeli di luar negeri dan diperiksa keabsahannya. Pemeriksaannya terkait dengan pajak, juga bahaya atau tidaknya barang tersebut. Sering terjadi kejadian yang heboh di area ini dan menarik untuk direkam. Ada juga yang hanya ingin tunjukkan belanjaannya yang lolos pabean. Tapi, sebaiknya jangan dokumentasi apa pun di tempat ini karena berkaitan erat dengan keamanan bandara dan privacy seseorang.

Nggak usah khawatir, masih banyak kok spot di bandara yang instagramable. Yuk, jadi warga negara atau wisatawan yang baik dengan mematuhi berbagai peraturan bandara yang berlaku.