Hati-Hati, Smartphone Bisa Sebabkan Hilang Ingatan

Spirit of Millennials

Hadirnya smartphone banyak memberikan manfaat, salah satunya adalah memudahkan para penggunanya untuk mengakses informasi dengan cepat. Namun tahukah kamu jika kemudahan mendapatkan informasi tersebut dapat memicu Digital Amnesia?

Digital Amnesia adalah fenomena di mana seseorang dapat mengakses informasi dengan cepat, namun melupakannya dengan cepat juga. Hal ini terjadi karena kemudahan untuk retracking informasi yang sudah dicari sebelumnya sehingga tendensi otak untuk menghafal informasi yang didapatkan berkurang.

“Easy come, easy go,” kata Freddie Mercury di Bohemian Rhapsody. Kurang lebih itu kata-kata yang tepat buat ngegambarin fenomena ini. Contoh gampangnya adalah ketika kamu ngga lagi ingat nomor telepon orang-orang terdekatmu. Karena informasi itu bisa didapat dengan cepat lewat daftar kontak di smartphone, secara ngga sadar kamu ngerasa hal itu ngga perlu lagi diingat dan dilupain begitu saja.

Contoh lainnya adalah saat kamu perlu pergi ke suatu tempat dan ngga tahu alamatnya. Dulu, orang akan susah payah mengingat-ingat setelah dapat informasi itu dari buku alamat, misalnya. Sekarang, kamu tinggal Googling kalau lupa, sehingga kamu ngga lagi berusaha untuk menyimpan informasi itu di kepala.

Intinya, kamu ngga lagi mengingat informasi yang kamu perluin karena itu bisa langsung diambil di telepon genggam yang hampir selalu ada di tangan. Fenomena ini berkaitan banget sama gaya hidup milenial yang serba digital dan ngga lepas dari smartphone.

Karena itu, Digital Amnesia dinilai berpengaruh sama daya ingat milenial. Ngga dibiasakan buat mengingat informasi, akhirnya otak jadi kurang terasah dan lebih mudah lupa. Padahal, proses menyimpan ingatan penting banget buat pertumbuhan sel otak.

Untuk mencegah terjadinya Digital Amnesia, kamu bisa coba melakukan brain practice, regular exercise, serta menjalani pola hidup sehat, dengan itu kamu dapat menjaga keseimbangan fungsi otak. Nah, lebih baik mulai dari sekarang deh, sebelum daya ingat kamu terlanjur hilang perlahan.