Ingin Jadi Freelancers? Pikirin Dulu Hal-Hal Ini!

Spirit of Millennials

Boring banget ngga sih sama rutinitas sebagai karyawan kantoran? Kadang-kadang terlintas di pikiran untuk ambil jalan pintas untuk menjadi freelancer yang bisa bekerja dimana saja. Memang di saat seperti ini kamu pasti mudah goyah dan tergiur menjadi seorang pekerja lepas yang tidak terpaut dengan peraturan-peraturan dan jadwal ketat karyawan kantoran pada umumnya. Meskipun ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan sebagai seorang freelancer, tapi ada banyak juga lho minusnya. Coba pikirkan dulu hal-hal di bawah ini sebelum memutuskan sebagai freelancer.

 

  1. Bisa menentukan jadwal sendiri
    Untuk yang satu ini ada plus minusnya. Sebagai freelancer, kamu ngga akan terikat jam kerja 9 to 5 seperti karyawan kantoran. Kamu bisa bangun lebih siang, bisa lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga, dan menentukan sendiri kapan kamu mau bekerja dan kapan waktu bersantai. Minusnya, adanya kemungkinan harus bekerja di jam-jam yang tidak lazim, karena sebagai freelancer identik dengan jam kerja yang tidak pasti. Contohnya, kamu harus meeting dengan klien di malam hari atau bahkan di akhir pekan.

  2. Bakal mudah merasa kesepian
    Ini akan mudah sekali terjadi, apalagi kalau kamu seorang extrovert yang mendapatkan energi dari orang-orang di sekitarnya. Bekerja sebagai seorang freelancer, kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu sendiri, dan akan mudah merasa kesepian. Kalau sudah begini, solusinya kamu bisa datang ke coworking space dan bertemu para freelancers lain.

  3. Pemasukan tidak pasti
    Ini yang paling ditakuti jika menjadi freelancer, yaitu pemasukan bulanan tidak pasti. Mungkin di suatu saat kamu bisa mendapatkan pemasukan luar biasa dari project yang besar, tapi di bulan-bulan tertentu bisa juga pemasukan kamu tidak sesuai kebutuhan, bahkan mungkin juga tidak ada pemasukan sama sekali. Kuncinya harus pintar-pintar mengatur keuangan, agar selalu siap di saat-saat kamu tidak ada pemasukan bulanan yang mencukupi.

  4. Kuota smartphone akan cepat habis
    Selain skill yang mumpuni, aset terbesar seorang freelancer adalah smartphone lengkap dengan koneksi internet yang stabil. Ngga cuma kerja di waktu yang tidak lazim, kamu juga harus siap untuk kerja di mana saja, bahkan di tempat-tempat yang ngga ada internet. Di sini kamu harus mengandalkan kuota internet dari smartphone kamu untuk tethering. Sayangnya, kuota kamu jadi cepet habis, deh. Well, beda cerita kalau kamu pakai Kartu Halo dari Telkomsel yang adalah bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Cukup pilih paket Halo Kick seharga Rp150 ribu per bulan, kamu akan dapat total internet 4G 32GB, plus gratis nelpon sesama Telkomsel selama 200 menit. Nelpon klien pun ngga perlu lagi khawatir bakal kehabisan pulsa, gengs!

 

Seperti semua hal dalam hidup, tentu menjadi freelancer juga ada plus minusnya. Jadi ngga ada salahnya cermati hal-hal yang sudah disebutkan di atas, sebelum mengambil keputusan buat ninggalin status sebagai pegawai kantoran untuk menjadi freelancer. Tetap semangat, ya!