Ini 3 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Volunteer di Masa Muda

Spirit of Millennials

Kalau lagi ada event atau kegiatan pasti ada aja tuh yang namanya volunteer. Nah, buat kamu yang belum tau, volunteering atau menjadi sukarelawan itu merujuk pada aktivitas apa aja yang dilakukan secara bebas atau sukarela untuk bertujuan ngasih manfaat bagi orang, grup, atau organisasi. Emang sih jadi volunteer itu melelahkan, apalagi aktivitas yang dilakukan ini belum tentu dibayar. Tapi mumpung masih muda kamu harus nyobain tuh! Buat kamu yang ragu dengan aktivitas volunteering ini, simak deh 3 alasan di bawah ini kenapa kamu harus banget jadi volunteer mumpung masih muda.

Menumbuhkan rasa empati
Jadi volunteer kamu harus siap untuk ngga dibayar. Di beberapa kasus tertentu, kamu justru harus membayar secara sukarela, misal untuk membantu korban pengungsian, membelikan sembako, alat tulis, dan sebagainya. Saat itulah jiwa sosial dan rasa empati kamu bertumbuh. Tanpa dibayar aja, relawan semangat banget kerja siang sampe malem, apalagi kalau ternyata aktivitas volunteering-nya dibayar. Ingat, relawan ngga dibayar bukan karena ngga bernilai, melainkan ngga ternilai.

Lebih memahami arti kerja keras
Apa yang kamu lakukan saat jadi volunteer akan mengajarkan kamu apa arti kerja keras yang sebenarnya. Yang kamu lakukan saat volunteering bukan sesuatu yang asal-asalan karena kamu telah mengorbankan waktu, tenaga, dan pikiran. Tapi percaya deh, apa yang kamu lakukan ngga akan sia-sia, karena pasti bermanfaat buat orang lain.

Memperluas pertemanan
Saat volunteering, kamu pun masih bisa seru-seruan dengan temen-temen volunteer lainnya. Ngga menutup kemungkinan, temen-temen tersebut bakal jadi networking yang bermanfaat buat kariermu ke depan. Mereka yang mau terjun ke dunia relawan bareng sama kamu, itu artinya mereka memiliki kegelisahan yang sama denganmu dan sama-sama mau jadi bagian dari solusi, sehingga kamu ngga kesulitan berdiskusi atau berkomunikasi.

Jadi volunteer ngga hanya di bidang sosial aja kok, kamu juga bisa jadi volunteer di acara-acara kayak konser, festival, pameran, hingga kompetisi olahraga seperti Asian Games 2018 lalu. Selagi masih muda, lincah, dan bertenaga ayo berlomba-lomba berbuat kebaikan dengan menjadi volunteer!