Ini yang Sebaiknya Kamu Lakukan Terhadap Tag Bagasimu

Spirit of Millennials

Kalau kamu perhatikan, nggak sedikit lho penumpang yang tidak melepas tag bagasi maskapai usai melakukan penerbangan. Kamu pun bisa jadi salah satu di antara mereka. Ada yang sengaja membiarkannya dan ada pula yang memang malas atau lupa untuk melepasnya.

Meski terkesan sepele, tapi tag bagasi yang sudah terpakai sebaiknya segera kamu copot agar tidak menjadi masalah saat pemasangan tag bagasi yang baru. Alasan paling relevan adalah mengganggu pekerjaan petugas bagasi di bandara saat mengatur dan mencatat bagasimu. Dengan melepas tag bagasi yang sudah nggak terpakai, sebenarnya kamu sudah bantu mencegah dan meminimalisasi kesalahan petugas dalam pengaturan bagasi.

Tujuan pelabelan barang yang akan masuk bagasi pesawat ini adalah untuk mengantisipasi apabila barang tertukar atau tertinggal. Di label tersebut minimal tercatat nomor pemesanan, nomor penerbangan, rute, dan barcode. Jadi ketika barang tertinggal atau tertukar, informasi mengenai pemilik barang akan lebih mudah ditemukan.

Kita semua sudah pasti mendambakan pengalaman penerbangan yang lancar dan menyenangkan, tapi kan kejadian tak terduga bisa terjadi kapan saja. Termasuk barang ketinggalan atau tas tertukar dengan penumpang lain, baik akibat kelalaian kamu maupun petugas bandara. Makanya, pastikan kamu hanya menggunakan tag bagasi untuk penerbangan yang sedang berlangsung, ya.

Kalau kamu memang berniat untuk mengoleksinya. Jangan biarkan tag bagasi nggak terpakai terus menggantung di kopermu. Melainkan, kamu bisa melepasnya dan menempelkannya di tempat lain, misalnya di buku agenda.

Selain tag bagasi maskapai, kamu juga boleh lho menggantungkan tag bagasimu sendiri. Tag bagasi pribadi bisa kamu isi dengan nama, email, nomor telepon, dan alamat rumah. Kalau kamu kurang nyaman dengan informasi tersebut, setidaknya cantumkan nama dan email saja.

Apabila kamu harus mengalami barang tertinggal, tertukar, atau hilang saat melakukan penerbangan. Kamu dapat segera mengunjungi konter “Lost and Found” di bandara dan membuat laporan. Pihak bandara dan maskapai pasti dengan senang hati akan membantu kamu kok.