Inovasi Maskapai yang Bikin Terbang Semakin Nyaman

Spirit of Millennials

Selain bisa menempuh perjalanan jauh dalam waktu singkat, kemudahan reservasi dan pembelian tiket yang serba instan membuat pesawat terbang patut jadi salah satu transportasi paling favorit saat ini. Tapi sayangnya duduk di kursi pesawat itu ngga begitu nyaman. 

Desain kursi pesawat, apalagi kelas ekonomi membuat punggung orang yang duduk jadi melengkung berbentuk seperti huruf C. Hal ini pun membuat duduk di kursi pesawat dalam waktu yang lama menjadi begitu menyiksa.

Eits, jangan sedih, demi memenuhi kebutuhan dan kenyamanan penumpang, kini banyak perusahaan penerbangan mulai berinovasi, lho. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah mengubah desain interior pesawat sedemikian rupa. Mulai dari kursi berdiri yang mampu menghemat ruang, sofa mewah untuk kelas bisnis, sampai kursi tidur (sleeper seat) berupa matras panjang di atas tiga bangku.

Dengan kursi berdiri, maskapai bisa memanfaatkan ruang untuk memuat lebih banyak penumpang. Gimana engga menghemat space, kursi berdiri ini hanya memakan ruang sebanyak 23 inci atau 58 cm aja. Walaupun terkesan ngga nyaman, kursi ini masih bisa terasa lega saat penumpang yang duduk di depan kamu merebahkan senderannya. So, kamu bakalan punya ruang gerak yang masih terbilang nyaman. Meskipun begitu, inovasi ini rencananya cuma diperuntukan buat penerbangan dengan durasi satu sampai dua jam aja.

Berbeda dengan sofa mewah, alias corner seat, yang posisinya lebih melebar ke samping. Kursi kelas bisnis ini mengusung konsep tiga baris kursi yang super nyaman untuk penerbangan jarak jauh. Selain dialasi dengan bantalan empuk, dudukan corner seat ini juga lebih luas dibandingkan dengan bangku pesawat pada umumnya.

Beralih ke sleeper seat, bangku ini merupakan fasilitas berupa matras panjang yang bisa diletakkan di atas tiga bangku penumpang. Konsep yang sudah diusung oleh maskapai penerbangan asal Inggris, Thomas Cook, ini menyediakan empat kelas yang dapat disewa oleh penumpangnya. Patokan harganya pun setara dengan dua tiket pesawat. Tapi demi kenyamanan kamu selama penerbangan, why not?

So, kira-kira kamu bakalan pilih tipe kursi yang mana?