Islamic NexGen Fest: Menjadi Kreatif dan Mandiri ala Generasi Milenial Indonesia

Spirit of Millennials

Pemerintah semakin menunjukkan dukungannya kepada generasi milenial Indonesia untuk terus berkarya dan berkontribusi terhadap pembangunan bangsa dan negara. Bersama kementerian BUMN, kepedulian tersebut diselenggarakan melalui berbagai kegiatan, salah satunya adalah Spirit of Millennials – Islamic NexGen Fest yang diadakan pada tanggal 27 Januari 2019 lalu, di Kota Kembang, Bandung.

Acara yang juga diprakarsai oleh Bank BTN, Pertamina, dan Wijaya Karya ini pun turut dihadiri oleh Menteri BUMN, Rini M. Soemarno, Jajaran Deputi Kementerian BUMN dan segenap Jajaran Direksi BUMN.

Spirit of Millennials – Islamic NexGen Fest merupakan wadah kreativitas sekaligus ajang pencarian talenta lokal yang menjadi inspirasi bagi kalangan generasi milenial di seluruh Tanah Air. Ajang ini menampilkan bakat dan kreativitas generasi muslim muda dalam tiga kategori kompetisi, yaitu #HIJABMUDA (Muslimah inovatif dan inspiratif), #NADAISLAMI (Musisi religi kreatif), dan #SANTRIPRENEUR (Kewirausahaan santri).

Setiap kategori kompetisi tentunya akan melahirkan talenta yang beragam, mulai dari kreativitas bermusik hingga inovasi berbisnis. Semua ini merupakan bagian dari upaya mewujudkan generasi muda Indonesia yang cerdas dan mampu membangun negeri lewat berbagai karya positif. Tak ketinggalan, mampu menciptakan pemberdayaan ekonomi usaha santri yang inspiratif bagi generasi milenial lainnya hingga menjadi milenial muslim Indonesia yang toleran dan bangga dengan negaranya.

“Kegiatan ini merupakan wadah yang dapat mendorong generasi milenial agar dapat mengembangkan potensi mereka secara maksimal. Saya bangga dengan millennials BUMN yang terlibat dan aktif dalam kegiatan-kegiatan positif seperti ini. Pesan saya, tetap semangat dan terus berkreasi. Tunjukkan bahwa kita millennials BUMN dan santri muda yang kreatif, mandiri, dan memiliki jiwa usaha BUMN serta punya andil dalam membangun bangsa dan negara”, ungkap Rini M. Soemarno.

Pada kesempatan tersebut, beliau juga secara resmi melakukan Kick Off Ceremony yang menandakan dimulainya acara Roadshow Islamic NexGen Fest yang akan diselenggarakan di 3 kota besar dan 6 kota kabupaten/kotamadya di Indonesia. Selain itu, khusus area Jawa Barat, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh booth Wirausaha Muslim Muda, Rumah Kreatif BUMN, dan Usaha Santri.

Menteri Rini M. Soemarno juga menyampaikan harapannya agar program ini dapat mendorong seluruh muda-mudi bangsa menjadi Agent of Change yang menginspirasi kaum milenial secara general di Indonesia.