Jangan Sampai Melakukan 5 Kesalahan Ini Waktu Interview Kerja

Spirit of Millennials

Mungkin beberapa orang sering berusaha terlalu keras untuk membangun impresi yang baik akan dirinya saat wawancara kerja. Nah, kamu harus berhati – hati terhadap hal itu, tuh. Kerap kali hal tersebut malah jadi bumerang buat kita. Justru akan lebih baik kalau kamu lebih banyak mendengarkan apa yang mereka sampaikan dan menjawab seperlunya aja.

Pasalnya, interview adalah tahapan paling penting saat kamu melamar pekerjaan. Maka dari itu, jangan sampai kamu melakukan 5 kesalahan berikut ini, ya!

1.Menyombongkan Diri
Yang satu ini “big ‘NO’” banget, nih. Semakin kamu meninggikan diri kamu di hadapan calon atasan, yang biasanya terjadi malah sebaliknya. Calon atasan kamu itu bakalan menganggap kamu lebih “enteng” dari ucapan kamu.

2.Merendahkan Tempat Kamu Bekerja Sebelumnya
Sistem bekerja di sebuah perusahaan adalah rahasia yang harus kamu jaga, sekalipun hal tersebut memang baik. Makanya, jangan sampai kamu keceplosan ngomongin bagaimana sistem kerja di kantor lama, apalagi kalau sampai ngomongin jelek – jeleknya. Bahaya, tuh!

3.Kebanyakan Curhat
Nah, yang satu ini bakalan ngasih image kalau kamu ngga terlalu pandai memilah antara kehidupan pribadi dan kehidupan profesional. Ingat, seperlunya aja dalam menyampaikan hal – hal tertentu, terutama hal pribadi.

4.Out of Context (?)
Pastikan jawaban yang kamu sampaikan dalam wawancara sesuai dengan cakupan pertanyaannya. Jangan sampai jadi ngalor-ngidul ngebahas hal – hal lain yang jauh di luar pertanyaan. Apalagi kalau sampai menyinggung hal yang normatif. Bisa gawat jadinya.

5.Menggunakan Handphone
Ada baiknya kalau hp kamu dalam silent mode atau di non-aktifkan aja waktu kamu lagi interview. Jangan sampai kelangsungan wawancara itu keganggu dengan bebunyian hp, apalagi kalau sampai ada telepon yang kamu angkat. Bisa gagal total interview kamu.

Kesalahan di atas memang terkesan sepele, tapi secara ngga sadar, hal tersebut suka kita lakukan. Bakalan fatal banget, tuh, kalau hal – hal tersebut kejadian. So, yang teliti dan cermat saat wawancara kerja, ya, guys! Good luck!