Kata Siapa Brand Lokal Cuma Jago Kandang?

Spirit of Millennials

Kalau kamu ngga tahu beberapa brand lokal itu udah kelas dunia berarti kamu kudet aka kurang update sama movement negara tercinta kita ini. Soalnya udah banyak brand lokal mengukir prestasi di ranah internasional, guys.

Misalnya perusahaan kosmetik dan jamu, Martha Tilaar mampu bersaing secara global, bahkan masuk di sepuluh negara di Asia Pasifik. Untuk segmen makanan ringan, Indonesia punya INACO alias Indonesia Nata De Coco dengan produk andalannya nata de coco yang terbuat dari kelapa asli Indonesia. Inaco diterima di market global karena kualitas produk dan inovasinya yang jaminan mutu.

Sebelumnya juga sudah ada brand lokal yang berjaya di negeri sendiri kemudian berekspansi dan go internasional seperti Indomie, Mayora, Yupi, Diabetasol, Garuda Food, dan masih banyak lagi. Makanya ngga usah heran tiba-tiba ada brand tas kulit lokal, Biyantie, hadir di New York Fashion Week di September 2019 nanti. Produk tas asal Jakarta ini memang menyasar kalangan milenial dalam dan luar negeri.

Secara kualitas, produk buatan lokal banyak yang sudah memenuhi standar internasional sehingga mampu bersaing. Meskipun demikian, konsumen lokal sangat dibutuhkan untuk meningkatkan performa brand. Jadi kita harus support dengan membeli dan menggunakannya dengan bangga.

Ketika stigma itu terbentuk, maka dampaknya akan terasa buat kita semua. Misalnya meningkatnya produksi dalam negeri, menambah skala usaha dalam negeri, memicu jumlah investasi, memperbesar lapangan pekerjaan, obyek pendapatan nasional, dan memacu pertumbuhan ekonomi.

Apalagi brand atau produk lokal sendiri punya filosofi mendalam baik dalam hal sejarah produk maupun movement-nya. Menurut dedengkot Brand Activation, Arto Soebiantoro, brand lokal itu unik karena datang dari kehidupan masyarakat Indonesia yang beragam. Kesan mendalam dirasakannya ketika mengamati brand lokal yang ngga melulu berorientasi profit tetapi juga mengangkat kearifan lokal.

Inget nih, membeli produk asli buatan anak bangsa berarti membantu ekonomi Indonesia tumbuh semakin kokoh. Pengusaha dalam negeri yang sehat dan kuat akan mendongkrak daya saing Indonesia semakin tinggi. Mantap betul!