Keren! PT Angkasa Pura I Raih Rating Emas

Spirit of Millennials

Atas prestasinya yang telah sukses mengelola bandara ramah lingkungan, baru-baru ini PT Angkasa Pura I (Persero) meraih rating emas dalam ajang Asia Sustainability Reporting Rating (Assrat) 2019 yang diprakarsai oleh National Center for Sustainability Reporting (NCSR).

I Faik Fahmi, selaku Direktur Utama Angkasa Pura I, mengatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan apresiasi atas komitmennya dalam menjalankan bisnis kebandarudaraan yang berkelanjutan.

Nggak cuma itu, berdasarkan Global Reporting Initiative (GRI) yang mendukung Sustainable Development Goals (SDGs), pencapaian tersebut juga menjadi bukti bahwa AP (Angkasa Pura) I turut berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan hidup, dan juga memberikan dampak sosial-ekonomi yang baik pada masyarakat. Wah, keren banget, ya!

I Faik Fahmi juga menuturkan bahwa mereka berkomitmen untuk terus menerapkan prinsip-prinsip pelestarian lingkungan hidup, seperti konservasi dan edukasi, yang mencakup wilayah bandara dan juga lingkungan sekitarnya, agar dapat mewujudkan proses bisnis yang berkelanjutan. Karena pada dasarnya, kegiatan pengembangan dan pengelolaan bandara harus membawa manfaat sosial dan manfaat lingkungan hidup bagi masyarakat sekitarnya.

Selain itu, beliau juga menyatakan bahwa ia telah mengenalkan konsep bandar udara ramah lingkungan (eco-friendly airport) lewat terminal baru Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, yang turut diimplementasikan secara penuh standar ISO 14001 terkait dengan lingkungan oleh Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Lebih keren lagi, AP I juga sudah memasukkan strategi lingkungan hidup ke dalam program corporate social responsibility (CSR), sepert penanaman terumbu karang, pepohonan dan sebagainya. AP I juga berkomitmen untuk terus menerapkan prinsip eco-airport dan juga prinsip perusahaan berkelanjutan pada pengembangan dan operasional bandara.

Wah, semoga hasil dari rating ini bisa terus berkelanjutan dan menjadi contoh untuk instansi lainnya, supaya bisa terus berkembang dan tetap ramah lingkungan, ya!