Lagu-lagu Nasional di Ruang Publik

Spirit of Millennials

Di beberapa negara seperti India, China, Thailand, Filipina, dan Rusia, lagu-lagu nasional sering diperdengarkan di ruang publik baik itu di bioskop, jalan raya, hingga supermarket. Bagi warga negara di sana yang mendengarnya, harus bersikap khidmat dan berhenti beraktivitas sementara. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa tempat atau ruang publik yang konsisten memainkan lagu-lagu nasional. Mau tahu dimana aja lagu-lagu nasional biasa diputar?

1.Mal
Selain sebagai tempat perbelanjaan dan nongkrong, ternyata terdapat mal yang tiap harinya melantunkan lagu nasional. Kalau kamu pernah berkunjung ke mal Pacific Place di bilangan SCBD Jakarta Selatan, tiap pagi saat mal baru buka jam operasionalnya, pengeras suara di sana memainkan lagu Indonesia Raya dan saat mau tutup pun, kamu akan mendengarkan syahdunya lagu Syukur ciptaan mendiang Husein Mutahar.

2.Pesawat terbang
Salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang penerbangan, yakni Garuda Indonesia, juga terkenal sering melantunkan lagu-lagu nasional instrumentalia. Lagu-lagu nasional ini terdapat pada album The Sounds of Indonesia gubahan Addie MS dan The City of Prague Philharmonic Orchestra. Biasanya kamu akan mendengarkan lagu-lagunya ini saat sebelum take-off dan selepas landing.

3.Televisi dan radio
Kalau di televisi dan radio sepertinya kamu udah nggak asing lagi dengerin lagu-lagu nasional, apalagi kalau kamu sering begadang. Karena biasanya lagu ini bakal diputer saat penutup siaran di jam 1-2 pagi dan pembuka siaran di jam 5-6 pagi. Selain Indonesia Raya, kamu juga akan mendengarkan Bagimu Negeri, Rayuan Pulau Kelapa, dan Tanah Airku.

Jadi sekarang dengerin lagu nasional bukan cuma bisa kamu temuin pas upacara aja. Apalagi kamu sebagai penerus masa depan bangsa, wajib banget untuk tahu dan paham akan lagu-lagu nasional di tengah dominasi lagu-lagu asing kekinian.