Lari Sambil Melestarikan Lingkungan di Pertamina Eco Run 2018

Spirit of Millennials

Sebanyak 7500 peserta, baik milenial hingga keluarga muda, lengkap dengan running starter pack, memenuhi area Q-Biq BSD City, Tangerang, Banten, pada Minggu (9/12) pagi lalu. Mereka dengan antusias mengikuti Pertamina Eco Run 2018, yang dibuka oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, didampingi pula oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati beserta jajarannya.

Sebelum berlari, peserta diajak pemanasan dengan dance yang dipandu oleh panitia. Lalu suasana semakin riuh dengan dentuman terompet dari panggung setelah Menteri BUMN beserta jajarannya memberikan aba-aba melepas para pelari.

Suasana fun run sangat terasa karena di dekat garis start, terlihat sebagian pelari mengambil kesempatan dalam kesempitan memanfaatkan selfie bersama Menteri BUMN, Rini dan jajaran Direksi Pertamina di dekat panggung. Menteri BUMN dan beserta jajaran Pertamina pun ikut berlari usai melepas pelari kategori 10k dan 5k. Pertamina Eco Run merupakan event lari tahunan dan masih mengangkat tema pelestarian keanekaragaman hayati. Yang berbeda pada tahun ini, event Pertamina Eco Run sekaligus memperingati HUT Pertamina ke-61 dan mengambil tema Galang Energi Lestarikan Negeri, dengan mengangkat satwa Elang Bondol dan Gajah Sumatera sebagai ikonnya.

Melalui Pertamina Eco Run, Pertamina juga akan mendonasikan sebagian biaya registrasi Pertamina Eco Run 2018 untuk pelestarian Gajah Sumatera dan Elang Bondol, sama seperti Pertamina Eco Run 2017, dimana donasi diberikan untuk kelestarian satwa yang hampir punah yaitu Tuntong Laut dan Owa Jawa.

Pertamina Eco Run tahun ini menjadi lebih menarik dengan adanya kategori baru, yaitu, Kids Run 1,5 K untuk anak-anak berusia 6 sampai 12 tahun, selain kategori 5K dan 10K yang tetap hadir di Pertamina Eco Run 2018. Terdapat juga penambahan kategori open pada race 10K yang dapat diikuti oleh warga negara asing (WNA).

Penamaan kelas lari juga menggunakan nama-nama BBM Berkualitas seperti Pertamax Turbo untuk jarak 10 Km, Pertamax untuk jarak 5 Km dan Pertamina Dex untuk jarak 1,5 km. Jumlah peserta tahun ini juga meningkat dibanding Eco Run 2017 lalu yang diikuti 6.775 peserta.

Peserta Eco Run 2018 selain berpartisipasi langsung dalam berdonasi untuk kelestarian Gajah Sumatera dan Elang Bondol, juga mendapatkan racepack menarik (String bag, running belt + botol minum, jersey, wrist band, head band, medali finisher, jas hujan dan BIB (pic2go)), asuransi, serta berkesempatan mendapatkan total hadiah untuk para pemenang kategori 10K dengan total nilai sebesar Rp. 372.000.000,

Lebih serunya lagi, peserta Eco Run 2018 disuguhi berbagai aktivitas menarik lainnya yang bisa dijadikan bahan konten di media sosial masing-masing peserta. Mulai dari photo booth, lomba selfie dan best costume, playground anak, hingga bazar kuliner. Ada pula grand prize 2 buah motor dan doorprize lainnya. Yang ngga kalah seru, para peserta yang hadir dibuat sing a long bareng Naif sebagai penutup acara.

Engga cuma itu aja, guys, event Pertamina Eco Run 2018 ini juga bertujuan mengajak milenial move on menuju gaya hidup yang lebih sehat, serta menikmati lingkungan udara yang lebih sehat dengan penggunaan BBM berkualitas yang rendah emisi untuk menjaga kesehatan lingkungan. Superb!