Manfaatkan Data Smartphone-mu Untuk Berbisnis

Spirit of Millennials

Daftar pertemanan di phone book ratusan, friendlist dan followers di akun media sosial puluhan ribu, dan bahkan grup whatsapp ada puluhan jumlahnya. Ini bisa menjadi modal kamu untuk memulai memanen data dengan smartphone-mu. Caranya? Tawarkan jasa atau produk yang kamu miliki.

Smartphone saat ini sudah jadi kebutuhan tiap orang, utamanya para pebisnis. Harga yang variatif berdasarkan fitur pendukungnya, ribuan aplikasi pendukung kegiatan bisnis, adalah nilai lebih dari smartphone.

Dan ternyata kebanyakan penggunanya hanya memanfaatkan tidak lebih dari 50% keunggulan smartphone secara optimal. Sebagaimana memanen padi, ada persiapan untuk menyambut panen raya tersebut, baik sumber daya manusia hingga peralatan yang akan digunakan.

Berikut beberapa tips yang bisa milenial lakukan untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan fungsi smartphone Android-nya untuk kegiatan bisnis.

  1. Mengetahui kemampuan smartphone

Ragam merek, jenis, dan spesifikasi smartphone banyak ditawarkan dengan kemampuan tertentu. Ini adalah langkah awal mencari alat optimal untuk kepentingan aktivitas bisnismu kelak yang membutuhkan performa alat mumpuni.

  1. Membuat perencanaan penggunaan smartphone

Ini berkaitan dengan manfaat menggunakan smartphone sebagai sarana bisnis. Download aplikasi-aplikasi penunjang performa bisnis seperti alat browser, chat, push mail, banking, shopping, super note, dan lain sebagainya.

  1. Pilih dan pakai aplikasi

Unduh dan install aplikasi yang dibutuhkan saja, agar hemat penyimpanan di internal memory. Buang aplikasi yang tidak diperlukan. Menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan bisnis, berarti telah siap memanen data yang kamu miliki secara optimal. Begitu pula saat memilih aplikasi media sosial dan instant messaging, abaikan yang tidak mendukung. Ini agar kamu tidak kerepotan dengan penggunaan banyak channel.

  1. Gunakan dan upgrade OS resmi sesuai rekomendasi

Operating Sytem (OS) merupakan kinerja andalan smartphone. Tetap gunakan yang resmi dan upgradejika terdapat pembaruan agar peningkatan performanya dapat dirasakan.

  1. Selalu luangkan waktu menghapus dan membersihkan isi smartphone

Sampah file dan sejenisnya akan memperlambat kinerja smartphone. Supaya optimal, lakukan pemindahan data yang diperlukan, hapus dan bersihkan data yang tidak diperlukan. Terlalu banyak data akan memperlambat kerja smartphone.

Selanjutnya, perbanyak literasi sambil membeberkannya dalam bentuk konten digital. Kemas secara kreatif dalam bentuk content yang memikat seperti artikel, image dan caption, video, ataupun infografis yang akan kamu upload secara berkala. Semai content-mu dengan paket data berjaringan luas milik Telkomsel. Lakukan rutin untuk kemudian tunggu masa panen terjadi.