Mau Laptop Kamu Tahan Lama? Gini Caranya

Spirit of Millennials

Mungkin udah ngga terhitung lagi jumlah karya yang berhasil dibuat dari laptop kita. Oleh karena itu, merawat dan menjaganya dengan baik adalah hal yang harus kita lakukan. Terdengar sepele, namun faktanya kondisi laptop memang punya pengaruh besar ke performance yang bisa menentukan kualitas pekerjaan kita.

Supaya konsistensi kualitas karya kita tetap terjaga, pertama-tama kalau kita udah terlalu capek untuk bekerja, mending istirahat dulu aja. Selain jangan maksain kerja atau berkegiatan apapun kalau kondisi badan udah ngga mendukung, bekerja menggunakan laptop di atas bantal ataupun kasur juga bikin laptop jadi overheat dan jadi lebih gampang rusak. Iyalah, karena panas dari prosesor laptopnya ngga bisa terhantarkan dengan baik yang akhirnya malah mengendap di badan laptopnya.

Pas lagi googling juga jangan asal ngeklik pop up yang muncul di laman website yang lagi dikunjungi. Selain memperlambat kerja prosesor, kadang-kadang pop up itu berisi spam atau bahkan virus yang bisa bikin laptop jadi lumpuh. Ribet bangetkan kalau laptop jadi rusak!?

Nah, begitu kerjaan kelar, shutdown terus simpan kembali laptop di tempat yang bersih dan ngga lembab, jangan lupa rajin membersihkan layar dan keyboard supaya komponen di dalam prosesor laptop ngga pada rusak. Kalau bepergian bawa laptop, pastikan juga selalu membawanya dalam tas yang cukup empuk dan memiliki rongga udara. Mau laptop lebih awet lagi dan ngga lemot? Ya install software jangan kebanyakan, install yang diperlukan aja. 

Memang paling bener deh cara nge-treat laptop tuh sama kayak nge-treat diri kita sendiri. Yuk, mari terus jaga kesehatan laptop demi performa yang lebih baik serta dapat menunjang kreativitas kita secara maksimal.