Memperingati Hari Hak Asasi Manusia 2019

Spirit of Millennials

Sejatinya, tiap individu yang terlahir di dunia ini memiliki nilai dan derajat yang sama, terlepas dari suku, agama, dan rasnya. Kita semua memiliki hak untuk diperlakukan adil dan sama, serta memiliki kewajiban dan tanggung jawab yang harus kita penuhi sebagai bagian dari kehidupan ini.

Atas hal tersebut, maka lahirlah sebuah prinsip yang kita kenal sebagai Hak Asasi Manusia (HAM). Kebebasan HAM sendiri mulai banyak dibicarakan dan diperjuangkan terutama setelah banyaknya peperangan yang terjadi, terutama Perang Dunia I & II.

Kemudian setelah Perang Dunia II usai, dibentuklah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengambil inisiatif dalam perdamaian dunia dan memperjuangkan HAM. Segala isu mengenai HAM disampaikan ke muka publik oleh PBB dengan tujuan memberi informasi dan mengedukasi masyarakat dunia agar mereka paham, menghargai, dan juga melindungi hak-hak dasar yang dimiliki oleh setiap manusia.

Nah, tahun ini kita akan merayakan hari jadi HAM yang ke 71, lho! Pasalnya, tepat pada tanggal 10 Desember 1948 lalu, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mengesahkan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia.

Dokumen tersebut memproklamirkan pernyataan bahwa setiap individu memiliki hak-hak asasinya sebagai manusia, tanpa memandang ras, perbedaan agama, warna kulit, jenis kelamin, pandangan politik, bahasa, kebangsaan, status sosial, properti, kelahiran, dan sebagainya. Dokumen ini juga menjadi salah satu dokumen yang paling banyak diterjemahkan, hingga lebih dari 500 bahasa. Wow!

Deklarasi tersebut juga merupakan pernyataan yang menetapkan martabat dan harga diri yang setara bagi semua orang di dunia. Soalnya, dokumen ini dirumuskan oleh perwakilan yang memiliki latar belakang di bidang hukum dan budaya dari setiap wilayah dan negara di dunia untuk menetapkan nilai-nilai dan standar umum pencapaian untuk semua orang dan semua bangsa.

Dalam deklarasi tersebut, terdapat pernyataan bahwa kita sebagai individu dapat mengambil tindakan untuk menegakan hak-hak yang melindungi kita semua dalam kehidupan kita sehari-hari hingga meningkatkan kekerabatan setiap manusia. Selain itu, kita juga berhak dan harus membela hak kita sendiri dan juga menghargai apa yang menjadi hak orang lain.

Nah, untuk memperingati Hari Hak Asasi Manusia tahun ini, yuk kita belajar untuk bisa lebih bertoleransi dan saling menghargai atas hak sesama manusia dalam kehidupan kita sehari-hari. Semoga semua yang dicita-citakan oleh para pejuang HAM dapat kita wujudkan bersama, ya.