Mengemas Selera Dunia Di Produk Lokal

Spirit of Millennials

Masih ngga bisa dimungkiri sih kalau banyak masyarakat Indonesia yang lebih bangga sama produk luar. Bahkan sampai urusan air minum. Ketika air minum dalam kemasan atau AMDK masih mencari celah-celah pasar, rupanya ditemukan fakta bahwa air mineral premium  yang dikonsumsi kalangan menengah atas dan ekspatriat berasal dari impor.

Bukannya ngga boleh impor sama sekali, tapi sayang banget kan kalau Indonesia yang kaya akan air masih harus mengimpor air minum. Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah para konsumen di Indonesia menganggap kalau buatan luar negeri sudah pasti lebih premium ketimbang buatan lokal.

Untungnya, ada produsen lokal yang memahami “fenomena” ini dan berani mengambil langkah untuk menyentuh pasar air mineral premium, yakni Morgan Sutanto. Beliau pun memulai usahanya melalui PT Equilindo Lestari untuk membuat merek air mineral premium Equil dengan kemasan botol warna hijau. 

Ngga seperti ini produk AMDK lainnya, Equil berusaha membangun posisi sebagai produk air mineral murni sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Di antaranya adalah harus berasal dari sumber mata air, ngga boleh ada treatment apa pun, serta dibotolkan langsung di lokasi sumber mata air.

Tanpa treatment apa pun supaya ngga merubah sifat fisika, kimia, mikrobiologi, dan radiologi air. Standar ini mengacu pada Codex Alimentarius, yakni badan bentukan Food and Agriculture Organization (FAO) dan World Health Organization (WHO) untuk standarisasi air layak minum.

Equil adalah produsen lokal satu-satunya yang memegang merek air mineral alami. Produk yang mengambil bahan air dari mata air Gunung Salak ini akhirnya mampu bersaing dengan merek air mineral impor asal Prancis, seperti Evian dan Perrier.

Sebenarnya masih banyak produk-produk lokal berkualitas lain yang mampu bersaing dengan produk luar, misalnya Wakai, Polygon, atau Edward Forrer. Maka dari itu, sudah saatnya nih kita bangga menggunakan produk-produk lokal dan terus mendukung siapa pun mereka yang berusaha mengharumkan nama bangsa melalui produk buatannya sendiri.