Mengenal Nama-Nama Chatbot Milik Bank BUMN

Spirit of Millennials

Seiring majunya perkembangan teknologi saat ini, beberapa sektor mengalami terobosan digitalisasi cukup masif. Tak terkecuali bidang perbankan yang sekarang memiliki layanan chatbot. Teknologi ini dianggap mampu meningkatkan kualitas pemenuhan kebutuhan dan pelayanan nasabah. Kamu bisa berinteraksi dengan program ini seolah sedang berbicara dengan manusia. Mantap betul, kan?

Nah, melihat tren chatbot ini, beberapa bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bernaung dalam Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) mulai mengenalkan layanan chatbot ini. Yuk cari tahu nama-nama chatbot dan keunggulannya masing-masing.

  1. Sabrina

Smart BRI New Assistant atau bisa akrab dipanggil Sabrina adalah program chatbot dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang dapat membantu kamu mengakses layanan perbankan dan finansial. Kamu juga bisa mengandalkan Sabrina jika ingin mencari lokasi BRI terdekat atau terdapat keluhan tentang pelayanan BRI.

  1. Cinta

Didesain khusus untuk memberikan pengalaman baru, Bank Negara Indonesia melalui chatbot bernama Cinta (Chat with your INTelligent Advisor) menawarkan tiga nilai utama yakni thoughtfulness, familiarity, dan simplicity. Cinta dapat mempelajari dan menganalisis aktivitas nasabah sehingga dapat mengerti keinginannya, termasuk promo yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Mita

Menggandeng startup binaannya, yakni InMotion, Bank Mandiri membangun program chatbot bernama Mita, kepanjangan dari Mandiri Intelligence Assistant. Dikutip dari Katadata, chatbot dari Bank Mandiri ini adalah salah satu cara untuk berkomunikasi dengan 43% nasabahnya yang berasal dari generasi milenial untuk memberikan pelayanan lebih efektif, efisien, dan customer-oriented. Mita dapat diakses melalui aplikasi chatting LINE, Facebook Messenger, dan Telegram.

Sabrina, Cinta, dan Mita adalah produk ideal dari pemanfaatan teknologi yang benar. Kamu sebagai milenial dan andalan untuk masa depan Indonesia nantinya harus terpacu untuk benar-benar memanfaatkan perkembangan teknologi ini secara optimal dan positif.