Menjadi Pintar Dalam Perbedaan

Spirit of Millennials

Mencari musuh lebih mudah daripada mencari teman, mungkin ungkapan tersebut sangat tepat untuk menggambarkan kondisi media sosial menjelang pilpres tahun ini. Nah, supaya hubungan kita dengan keluarga, teman, dan lingkungan sekitar ngga ikutan rusak hanya karena perbedaan sudut pandang yang padahal belum tentu benar, mending kamu ikutin aja nih, kisi – kisi di bawah ini.

1.Hindari Perdebatan Ngga Guna
Yang namanya sudut pandang itu semua tergantung persepsi masing – masing. Jadi, daripada memicu pertengkaran, mendingan biarkan kita percaya pada pilihan dan persepsi masing – masing.

2.Cek Sebelum Share Sesuatu di Medsos
Jangan malas nyari keabsahan suatu berita. Kalau kamu baru dapat satu sumber dan langsung percaya terus kamu sebarkan di medsos, bisa bahaya kalau ternyata berita itu ngga bener. Bisa kena pasal penyebaran hoax nanti.

3.Diet Medsos Sesekali
Daripada kamu ikutan kebawa emosi pas buka medsos isinya Adu pendapat, merasa paling benar, menjatuhkan satu sama lain, mending kamu sesekali diet medsos aja. Pasti hidup kamu bakalan lebih tentram.

4.Berpikir Sebelum Merespon
Jangan kebawa emosi, apalagi sampai jadi impulsif berkomentar. So, sebelum kamu menanggapi sesuatu, pikir lagi matang – matang apakah respon kamu itu akan menyinggung atau ngga.

5.Saling Respek
Ini dia kuncinya. Kalau kita saling menghormati satu sama lain, percaya deh, pasti ngga akan ada perdebatan yang ngga penting, apalagi sampai saling mengejek.

Semoga dengan cara – cara bersikap di atas, kita bisa berperilaku lebih bijaksana dalam menghadapi perbedaan yang ada dan pemilu nanti bisa berjalan dengan damai, ya guys! Percaya, deh, perbedaan itu indah, lho!