Milenial Serap Semangat Hari Pahlawan di COCOFEST 2018

Spirit of Millennials

Tepat pada Hari Pahlawan, sekitar 3500 milenial dari berbagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meramaikan puncak acara COCOFEST (Content Creator Festival) 2018 yang diadakan di Monumen Kapal Selam Surabaya.

COCOFEST sendiri adalah ajang festival kreatif yang didukung oleh BUMN dengan tujuan saling menghubungkan dan menginspirasi anak muda Indonesia untuk lebih kreatif dalam berkreasi. Tercatat ada sekitar 5200 konten kreatif yang terkumpul dalam online competition COCOFEST. Karya yang keren-keren banget ini berupa foto, video, animasi, dan gambar, yang terbagi menjadi empat topik yakni Nature, Transportasi, Infrastruktur, dan Lifestyle.

Acara dimulai tepat jam 4 sore, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan. Ribuan milenial yang tampil maksimal dengan kostum bertemakan perjuangan, tampak khidmat melafalkan Indonesia Raya. Acara dilanjutkan dengan talkshow singkat tentang cara membuat konten yang baik dari Aries Lukman (Founder iPhonesia) dan Inijie (Food Blogger).

Ngga hanya itu, acara ini juga dimeriahkan oleh duo musisi elektronik asal Bandung yang tergabung dalam kolektif Bottlesmoker. Mereka bereksplorasi membawakan lagu-lagu nasional dengan nuansa elektronik yang dibantu oleh Angelii Vox Choir Surabaya.

Di malam harinya, ada penampilan dari The Soulful yang membawakan lagu-lagu hits dalam dan luar negeri, diikuti dengan solois Rinni Wulandari featuring DJ Kenny Gabriel. Acara COCOFEST ini juga dipandu oleh Boy William, yang sudah pasti bikin histeris para milenial khususnya perempuan.

Dalam kesempatan itu juga, Menteri BUMN Rini Soemarno memberikan penghargaan kepada para pemenang online competition COCOFEST 2018. Terdapat 12 pemenang dari masing-masing topik yang dibagi menjadi kategori santri, mahasiswa, dan non-mahasiswa. Selain itu terdapat pemenang most favourite, yakni Bob23Hassan dengan karya fotonya yang mendokumentasikan PT. Pembangkitan Jawa Bali sebagai anak perusahaan PLN, dan Danastri sebagai pemenang best of the best dengan karya videonya yang menceritakan tentang kebanggaan menjadi anak Indonesia. Keduanya berhak mendapatkan masing-masing Rp30 juta dan liburan ke destinasi wisata Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Kebahagiaan juga terpancar dari para account officer yang menjadi pemenang Lomba Penulisan Kisah Inspiratif Pemodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar. Para pemenang tersebut mendapatkan penghargaan sertifikat dan uang tunai yang berasal dari dana pribadi Menteri BUMN.

Yang menjadi highlight acara adalah saat flashmob dance yang melibatkan Menteri BUMN, jajaran Direktur Utama (Dirut) berbagai BUMN, dan para milenial. Diiringi lagu Janger Persahabatan, flashmob ini menandai bahwa milenial BUMN siap melawan hoax, konten-konten negatif yang berada di media sosial, juga ujaran kebencian.

Selain itu terdapat deklarasi #SpiritOfMillennials yang digaungkan bersama-sama pada malam itu. Deklarasi ini adalah semacam janji milenial untuk terus memberikan inspirasi dan berkreasi melalui pembuatan konten positif di media sosial. Milenial didorong untuk menjadi pahlawan masa kini dengan kontribusi positif di semua bidang sesuai dengan passion-nya.

Mengutip kalimat dari Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo—yang juga menjadi ketua Spirit of Millennials—bahwa anak muda Indonesia harus menjadi generasi yang memiliki kepercayaan diri, super kreatif, dan pekerja keras untuk menciptakan masa depan Indonesia yang lebih maju. Siap jadi milenial yang bermanfaat untuk nusa dan bangsa? Semangat!