Millennials, Kamu Bisa Lho Jadi Menteri!

Millennials, Kamu Bisa Lho Jadi Menteri!

Spirit of Millennials

Jabatan menteri sekarang ngga bisa didapat hanya dengan modal politik doang lho! Walaupun jabatannya politis, sekarang karier profesional juga jadi faktor yang sangat diperhitungkan. Kalau dulu karier politik jadi faktor utama buat ngisi jabatan penting pembantu presiden ini, ke depannya kemampuan di bidang masing-masing bakal lebih dilihat. 

Dunia mencatat sejumlah perwakilan generasi muda yang sudah diajak berkiprah sebagai menteri. Ada yang diambil dari parpol, ada juga yang dipilih murni karena karier profesionalnya. Kamu juga bisa lho jadi menteri. Yuk simak daftar pemuda yang udah lebih dulu terjun ini!

Simon Harris
Politikus kelahiran 17 Oktober 1986 ini berasal dari Irlandia. Lahir di Greystones, basic keilmuannya adalah jurnalisme dan bahasa Perancis di Institut Teknologi Dublin. Di tahun 2016, ia dilantik menjadi Menteri Kesehatan Irlandia, setelah sebelumnya menjabat sebagai Menteri Negara Bagian di Departemen Keuangan PER dan Taoiseach sejak 2014-2016.

Shamma Al Mazrui
Lahir dan dibesarkan di Abu Dhabi, Al Mazrui punya gelar Bachelor of Arts bidang Ekonomi di New York University Abu Dhabi. Bergelar Magister Kebijakan Publik dari Universitas Oxford tahun 2015. Perdana Menteri Mohammed bin Rashid Al Maktoum menunjuknya sebagai Menteri Negara Urusan Pemuda di Februari 2016 saat dirinya berusia 22 tahun dan membuatnya sebagai anggota termuda di Kabinet UEA dan menteri termuda di dunia.

Syed Saddiq
Politikus dan aktivis Malaysia ini ditunjuk oleh Perdana Menteri Mahathir Mohammad sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga saat dirinya berusia 25 tahun. Dia jadi menteri termuda sejak kemerdekaan Malaysia. Saddiq lahir 6 Desember 1992 di Pulai, Johor Bahru, Johor, Malaysia. Lulusan Royal Military College (RMC), Sungai Besi ini punya gelar sarjana hukum dari International Islamic University Malaysia (IIUM). 

Yeo Bee Yin
Wanita berusia 35 tahun ini ditunjuk sebagai Menteri Energi, Teknologi, Sains, Perubahan Iklim dan Lingkungan Hidup Malaysia. Kelahiran 26 Mei 1983 ini juga menjabat sebagai Wakil Ketua Pakatan Harapan Pemuda dan National Assistant Publicity Secretary Democratic Action Party (DAP). Karier politiknya dimulai di usia 29 tahun. Popularitasnya menanjak saat pertama kali bersaing di Pemilu ke-13. Yeo terpilih sebagai anggota parlemen di distrik Damansara Utama, negara bagian Selangor.

Presiden terpilih Joko Widodo udah sempat bilang ingin memiliki menteri berusia muda di kabinetnya yang baru. Tenaga-tenaga muda itu diperlukan untuk mendukung pemerintah menghadapi revolusi industri 4.0. Gimana, tertantang jadi menteri?