Ngilangin Stress Dengan Terapi Hortikultura

Spirit of Millennials

Buat kamu yang terperangkap dengan banyaknya rutinitas harian dan ngga punya banyak waktu untuk liburan atau sekedar refreshing, pasti bingung mikirin gimana caranya buat ngilangin penat atau stress yang melanda. Iya, kan? Nah, sekarang kamu ngga perlu khawatir soal itu. Kamu bisa mengobati semua itu dengan terapi Hortikultura.

Selain bisa ngobatin suntuk dan penat, terapi pembudidayaan tanaman ini bisa ngebantu penghijauan juga, lho! Pasalnya, pengembangan psikologis dengan bantuan tanaman, khususnya bunga – bungaan, banyak banget memberikan manfaat positif buat kita dan kehidupan sekitar.

Para peneliti juga menyatakan bahwa orang – orang yang tinggal di tempat yang dikelilingi dengan banyak tanaman memiliki kesehatan mental dan fisik yang lebih bagus ketimbang mereka yang tinggal di tempat yang minim tanaman.

Coba kamu bayangin, waktu bangun tidur kamu melihat bunga matahari yang lagi mekar di bawah sinar mentari, pasti bakalan ngebangun semangat dan bikin mood kamu bagus bangetkan? Dengan begitu, psikis kamu pun terbentuk jadi lebih positif. Otomatis kesehatan mental kamu pun bakalan lebih terjaga.

Udah gitu, keberadaan flora di sekitar kamu itu memicu otak untuk mengingat dan memikirkan sesuatu yang manis dan romantis. Jadi kamu bakalan lebih happy, emosimu akan lebih stabil dan pikiranmu pun akan lebih damai. Ahli psikologi, Rachel dan Stephen Kaplan, juga menuturkan bahwa manusia bakal merasa lebih nyaman saat berada di alam.

Ngga heran sih kenapa terapi ini bisa ngilangin stress. Yuk, kita mulai sedikit demi sedikit untuk kembali bercocok tanam dan melakukan penghijauan demi kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar!