Pengusaha Lokal Bertaraf Internasional, Kini Mengelola BUMN

Spirit of Millennials

Sosok yang satu ini sempat jadi pusat perhatian masyarakat saat memenuhi panggilan dari Presiden Jokowi ke Istana Negara. Tidak lain, tidak bukan ia adalah Erick Thohir, yang merupakan pendiri dan Komisaris Utama Mahaka Group (1992-sekarang) yang memiliki banyak media massa, mulai dari radio, media cetak, online dan pertelevisian. FYI, khusus untuk pertelevisian, bapak satu ini menjabat sebagai Direktur Utama ANTV dari tahun 2014 hingga sekarang, lho.

Nah, kalau yang demen olahraga, baik itu sepak bola atau basket, nama Erick Thohir pasti nggak asing lagi. Gimana nggak, doi pernah menjabat sebagai Presiden klub Inter Milan. Ceritanya tahun 2013 Erick Thohir membeli kepemilikan 70 Persen saham Klub Sepakbola asal Italia, Inter Milan, senilai 30 juta euro atau setara Rp 5,3 triliun dari pemilik sebelumnya, Massimo Moratti. Meskipun pada akhirnya di 2019 ia pun melepas seluruh saham miliknya kepada sebuah perusahaan dari China, Suning Group.

Erick juga memiliki saham di klub sepak bola Amerika, D.C. United dan juga pernah menjabat sebagai pemilik klub bola basket NBA Philadelphia 76ers. Ini membuat Erick Thohir dikenal sebagai orang Asia pertama yang memiliki Tim Basket NBA. Di Indonesia sendiri, Erick menjadi pemegang saham klub sepak bola Persib Bandung.

Ia juga merupakan figur yang menyukai organisasi olah raga. Pada 2004-2006 ia menjabat sebagai Presiden PERBASI (Persatuan Bola Basket Indonesia). Dia kemudian terpilih sebagai Presiden SEABA (Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara) selama 3 periode sejak 2006 hingga sekarang. Pada tahun 2014 ia diangkat sebagai Anggota Dewan Pusat FIBA (Federasi Bola Basket Internasional).

Apalagi kalau kalian masih ingat Asian Games 2018 lalu yang keren banget itu dan sukses membuka mata dunia karena penyelenggaraannya spektakuler, beliau ini lah yang jadi Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 atau INASGOC.

Kelar jadi ketua INASGOC, oleh pasangan Joko Widodo – Mar’uf Amin, Erick Thohir ditunjuk sebagai ketua tim pemenangan Capres & Cawapres 01. Keunggulannya memimpin timses ini adalah soliditas antar anggota yang terjaga dan minim konflik internal yang menjadi bulan-bulanan media massa. Langkahnya di dunia politik pun berlanjut dengan penunjukkan dirinya sebagai Menteri BUMN periode 2019 – 2024 oleh Presiden Joko Widodo.

Itulah jejak karir dari seorang Erick Thohir yang sangat menginspirasi. Yuk, kita dukung dan contoh kerja keras serta kontribusinya untuk Indonesia!