Psst, Ini Starter Pack Wajib Perjalanan Dinas Kamu

Spirit of Millennials

Entah mau liputan, menemui klien, atau mengerjakan suatu proyek, penugasan ke luar kota oleh kantor adalah hal yang biasa. Nah perlu diingat kalau tujuan bepergian kamu yang satu ini adalah untuk bekerja, bukan rekreasi ya. Jadi, perhatikan barang bawaan kamu. Berikut

Barang-barang penting yang perlu masuk tas kamu untuk menunjang perjalanan dinas.

 

Telepon genggam
Nggak cuma bawa smartphone aja ya, pastikan smartphone kamu memiliki pulsa dan paket data yang cukup sehingga dapat berfungsi sebagai alat komunikasi bahkan media kerja yang maksimal bagi kamu dan semua pihak yang berkaitan. Tak lupa, unduh berbagai aplikasi yang diperlukan untuk menunjang kebutuhan kerja. 

 

Pengisi daya baterai
Biasa disebut power bank. Alat yang satu ini hampir sama pentingnya dibawa bareng dengan gadget. Apalagi buat perjalanan dinas. Jangan sampai pekerjaan kamu terhambat gara-gara smartphone atau laptop kamu mati di area tanpa stopkontak. Usai digunakan, jangan lupa untuk mengisi ulang daya power bank sesampainya di kamar hotel atau di mana pun tempat kamu menginap agar bisa dimanfaatkan kembali esok harinya. 

 

Buku catatan dan alat tulis
Meski kamu hidup di era digital, tapi pencatatan secara manual masih sering dilakukan kok bahkan kadang lebih efektif di beberapa kondisi tertentu. Kamu nggak perlu punya catatan rapi selama kamu paham apa yang kamu tulis. Nanti kamu bisa merapikannya di perangkat elektronik ketika waktumu lebih senggang dan menyimpannya dengan baik.

 

Pakaian kerja
Coba cek kembali ittenerary perjalanan dinas kamu, apakah nanti akan berkegiatan di lapangan, makan malam dengan orang penting, atau seminar dalam ruangan. Pastikan pakaian yang kamu kemas sudah sesuai kebutuhan sehingga kamu nggak bakal ngalamin yang namanya saltum a.k.a salah kostum selama perjalanan dinas.

 

Kartu nama atau kartu bisnis
Jangan tinggalkan kartu nama atau kartu bisnis kamu, karena penting untuk berkenalan dan berhubungan dengan orang-orang baru yang kamu temui di perjalanan bisnis tersebut. Bertukar kartu nama juga dapat menjadi langkah awal untuk memperluas relasi kamu di dunia bisnis. 

 

Selain barang-barang di atas, tentu saja kamu bisa menambahkan barang wajib lainnya sesuai dengan profesi pekerjaanmu. Persiapkan semuanya dengan baik agar perjalanan bisnis menjadi lebih tenang dan nyaman. Selamat berdinas ke luar kota ya