Rayain Kemerdekaan Ala Gue, Anak Muda Masa Depan Indonesia

Spirit of Millennials

Bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Indonesia ke-74, kita sebagai anak muda masa depan Indonesia tentu punya cara sendiri gimana ngerayain kemerdekaan yang sesuai dengan masanya.

Dalam pembukaan UUD 1945 udah disebutin kalau kita diantarkan cuma sampai depan pintu gerbang kemerdekaan, makanya keterlibatan tiap generasi di setiap waktu diperluin banget buat merawat dan merebut kemerdekaan yang sebenarnya.

Anak muda Indonesia harus banget punya peran yang produktif di masa depan. Ngga perlu muluk-muluk kok, minimal kamu punya peran atau pengabdian di lingkungan terdekat aja dulu. Jadi, jangan cuma never action talking only alias NATO, toh kalau hasilnya baik, yang dapet manfaatnya kamu juga kok akhirnya.

Kamu bisa ngasih kontribusi positif dengan cara yang lebih kekinian. Ngga harus punya otak super cerdas atau jiwa patriotisme yang tinggi buat mengharumkan nama bangsa. Lewat minat sama bakatmu aja, kamu bisa bikin bangga Indonesia. Misalnya ikut kompetisi game online, bikin film dokumenter, nulis buku, dan masih banyak lagi.

Jangan sampe stereotip anak muda sebagai generasi yang ngga peduli dengan negerinya sendiri makin kerasa banget. Kamu bisa membuktikannya dengan cara yang sederhana, misalnya lewat peduli dengan belajar budaya Indonesia, ngga golput saat pemilu, ngga gampang nyebarin dan terhasut hoax, sampai menyuarakan kritik dan saran atas kebijakan yang dilakukan pemerintah.

Ngga cuma itu, kamu juga jangan terlena dengan budaya asing yang masuk ke Indonesia. Kita juga punya banyak banget budaya unik dan mesti dilestarikan. Jadiin momen kemerdekaan kali ini untuk lebih cinta sama tanah air Indonesia. Jangan bisanya cuma selebrasi, tapi buktiin bahwa anak muda juga bisa melanjutkan perjuangan untuk membuat Indonesia jadi lebih baik. Indonesia! prok prok! prok prok prok!