Sinergi BUMN Untuk Lombok Bangkit dan Tersenyum Kembali

Spirit of Millennials

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) aktif memberikan bantuan dalam misi percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Melalui berbagai perusahaan BUMN, bantuan-bantuan di bawah ini diharapkan dapat meringankan beban korban gempa dan memberikan dorongan positif untuk masyarakat Lombok agar bangkit dan kembali tersenyum.

 

Aktivitas telekomunikasi gratis
TelkomGroup memberikan paket komunikasi khusus berupa layanan telepon, sms, dan kartu SIM gratis. Tak hanya itu, TelkomGroup juga mengaktifkan Crisis Management Team yang bertugas mengawal pemulihan infrastruktur, layanan, dan koordinasi penyaluran bantuan kepada masyarakat.

 

Rumah ramah gempa
BNI, BRI, Bank Mandiri, dan Pertamina bersinergi membangun sekitar 1500 Rumah Ramah Gempa (RRG) dan puluhan fasilitas MCK (Mandi, Cuci, Kakus) di Lombok. Untuk mendukung RRG ini, PLN juga menyediakan meteran listrik. RRG ini bersifat sementara yang bisa dihuni oleh masyarakat hingga satu tahun dalam masa transisi sembari menunggu rumah permanen selesai dibangun.

 

Diskon bunga dan keringanan cicilan
Bank Rakyat Indonesia (BRI) memberikan perlakuan khusus bagi korban gempa Lombok. Dalam hal ini, BRI akan memberikan restrukturisasi pinjaman berupa penundaan angsuran pokok dan penurunan bunga.  

 

Sarana transportasi dan distribusi
Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menyiapkan kapal motor sebagai sarana transportasi untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan dari Surabaya menuju Lombok. Sementara itu, PT. ASPD Indonesia Ferry mengerahkan dua armadanya, KMP Portlink II dan KMP Madani untuk membantu proses evakuasi korban yang berada di kawasan wisata Gili Trawangan. Adapun, Garuda Indonesia yang menyiapkan tiga slot penerbangan ekstra Lombok-Denpasar dan sebaliknya untuk memudahkan mobilitas.

 

Sinergi 50 perusahaan BUMN ini tercatat telah menyalurkan bantuan senilai Rp. 13,2 miliar bagi para korban. Menteri BUMN Rini Soemarno memastikan sinergi BUMN akan terus berlanjut dan tentu akan semakin banyak instansi BUMN yang terlibat untuk mewujudkan komitmen BUMN Hadir Untuk Negeri.